Peningkatan Desain dan Ketrampilan Batik Celup Ikat untuk Meningkatkan Minat Wira Usaha Masyarakat

Mahendra Wardhana

Abstract


Batik merupakan warisan budaya di Negara Indonesia yang sangat memiliki nilai jual yang tinggi dan prospek ekonomi yang tinggi pula. Kekayaan batik bisa dilihat dari desain motifnya yang beragam dan kaya akan nilai-nilai kreatifitas. Berbagai corak desain motif batik telah dikembangkan dan menjadi kekayaan ciri daerah di berbagai belahan daerah di Indonesia.

Peluang untuk menaikkan minat wira usaha khususnya di bidang batik adalah dicapai dengan tiga tahapan yakni mengenalkan, mencoba dan mengetahui peluangnya. Dari tiga tahapan tersebut, tahapan mengenalkan dan mencoba membuat akan dibahas pada kesempatan ini.

Salah satu kemudahan dalam mengenalkan batik adalah dengan mencoba langsung berkreasi di kain batik. Kemudahan dan keunikan hasil batik akan langsung didapat setelah proses membatik selesai. Untuk menunjang kemudahan tersebut, maka dilaksanakanlah batik celup ikat untuk mendukung tujuan tersebut. Hasil yang dicapai adalah keunikan hasil batik ternyata dapat meningkatkan minat berwira usaha membatik tersebut.

 

ABSTRACT

 

Batikis Indonesia's cultural heritage which has a very high value and high economic outlook as well. Batik uniqueness can be seen from the design of batik motives are varied and rich increativity values. Various shades of batik design has been develop and the wealth of local characteristics in different parts of regions in Indonesia.

Opportunity to raise the motivation and interest of entrepreneurship, especially in the field of batik are achieved by introducing three phases namely, to try and determine his chances. Those three stages are the stages of introducing and try to make will be discussed on this occasion.

One of the chances of introducing batik is to try to direct the creative in batik cloth. The chances and uniqueness results of batik will be immediately obtained after the batik processis completed. To support such ease, then the tie-dyed batik done to support these objectives. While the result is the unique result of batik was found to increase interest entrepreneur the batik business.

Keywords: Batik, Indonesia, Unique, tie-dyed

 


Keywords


Batik; Indonesia; unik; celup ikat

Full Text:

PDF

References


Dharsono. (2007). Budaya Nusantara. Bandung : Penerbit Rekayasa Sains.

Indraprasti, Anggri. (2013). Pengembangan Motif Batik Berkarakter Arsitektur Kota untuk Meningkatkan Nilai Jual Batik Lokal. Surabaya : Penelitian Strategis Nasional

Kawuryan, Megandaru W. (2006). Tata Pemerintahan Negara Kertagama Kraton Majapahit. Yogyakarta : Panji Pustaka.

Munandar, Agus Aris. (2008). Ibukota Majapahit, Masa Kejayaan dan Pencapaian.

Depok : Komunitas Bambu.

Purwadi. (2006). Babad Tanah Jawa. Yogyakarta : Panji Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v1i1.1465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Desain Interior by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, ITS is is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jdi