Perancangan Mebel Kantor Kezia Karin Surabaya Berdasarkan Ilmu Ergonomi

Grace Safenla, Felycia Agustin, Windy Novelin

Abstract


Aspek sosial, psikologi dan fisik di lingkungan kerja memainkan peran besar dalam mempengaruhi produktivitas kerja seseorang. Lingkungan kerja yang kondusif memberi rasa aman dan mengajak pegawai untuk bekerja secara optimal. Salah satu usaha untuk menciptakan suasana yang menjamin kerja optimal ini membutuhkan furniture yang mempermudah aktivitas penggunanya. Desain mebel yang efektif tidak hanya mampu mencukup kebutuhan kerja tetapi juga sanggup untuk menghemat ruang kerja dan gerak sambil menyediakan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna untuk jangka waktu yang panjang. Desain furniture multifungsi yang mengikuti standar ergonomi meningkatkan persentasi efisiensi dan ketepatan waktu.


Keywords


Lingkungan kerja; desain furniture; standart ergonomi

Full Text:

PDF

References


Andre Halim dan IGN. Ardana. (2017). Perancangan Perabot Kerja Kantor untuk Menjembatani Gap Generation dan Mencegah Sick Building Syndrome. Jurnal Intra. Vol. 5 No. 2, 267-275.

Christianto Ciabrata A dan Adi Santosa, M Taufan Rizqy. (2017). Perancangan Furniture Fungsional Home Office Untuk Desainer Interior. Jurnal Intra. Vol. 5 No.2, 400-404.

Melisa Wiliaury, Adi Santosa dan Grace Setiati Kattu. (2015). Perancangan Mebel Multifungsi Untuk Dormitory Mahasiswa Desain. Jurnal Intra. Vol. 3 No. 2, 38-44.

Panero, Julius. (1979). Human Dimension and Interior Space; a Source Book of Design Reference Standard. New York: Whitney Library of Design.

Sedarmayanti. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil (cetakan kelima). Bandung: PT Refika Aditama.

Yuvensius Kevin Constantine dan Adi Santosa. (2015). Perancangan Mebel Multifungsi Untuk Home Office. Jurnal Intra. Vol. 3 No. 2, 162-166.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v2i2.3543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Desain Interior by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, ITS is is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jdi