Studi Sistem Pencahayaan Buatan Adaptif untuk Selasar Aktivitas Gedung Baru Departemen Desain Interior ITS

Caesario Ari Budianto, Adi Wardoyo, Thomas Ari Kristianto, Anggra Ayu Rucitra, Okta Putra Setio Ardianto

Abstract


Pada umumnya, selasar memiliki fungsi tunggal sebagai jalur sirkulasi. Dalam pembangunan gedung baru Departemen Desain Interior ITS, inovasi diberikan dengan menghadirkan konsep multifungsi yang disebut selasar aktivitas. Konsep multifungsi ini menambahkan fasilitas area diskusi asistensi dan galeri karya pada area selasar yang bertujuan mewadahi kebutuhan aktivitas mahasiswa. Untuk menunjang konsep tersebut, faktor yang harus diperhatikan adalah pencahayaan, baik sebagai penerangan umum maupun sebagai elemen pendukung agar kebutuhan mahasiswa dapat terpenuhi dengan baik.

 

Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yang menggambarkan hubungan antara objek penelitian dengan sistem pencahayaan buatan, dengan teknik eksperimental berupa simulasi menggunakan software DIALux. Data yang dikumpulkan meliputi dokumen perencanaan gedung baru Departemen Desain Interior ITS dan standar perancangan pencahayaan bangunan. Hasil dari studi ini yaitu perlunya penambahan lampu pada area selasar berupa accent lighting dan task lighting dengan ukuran lux tertentu untuk menunjang kebutuhan mahasiswa sewaktu-waktu. Temuan dari studi ini diharapkan dapat menjadi rekomendasi  perencanaan tata pencahayaan di selasar gedung baru Departemen Desain Interior ITS.

Kata kunci: Selasar Aktivitas, Kebutuhan Mahasiswa, Pencahayaan Buatan


Keywords


selasar aktivitas; kebutuhan mahasiswa; pencahayaan buatan

Full Text:

PDF

References


Akmal, Imelda. (2011). 32 Tata Cahaya untuk Rumah Tinggal. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kanisius. (2000). Pengelolaan Rumah Walet. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1405/MENKES/SK/XI/2002 Tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Perkantoran dan Industri

Neufert, Ernst. (2002). Data Arsitek Edisi Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Tata Cara Perancangan Sistem Pencahayaan Buatan Pada Bangunan Gedung, SNI 03-6575-2001, 2001. Jakarta: Badan Standardisasi Nasional (BSN).




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v4i1.5263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Desain Interior by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, ITS is is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://iptek.its.ac.id/index.php/jdi