Place Bonding on Campus Interior Design ITS: Attachment and Identity

Susy Budi Budi Astuti, Lisani Husna, Elvira Pramesvari

Abstract


Place bonding merupakan fenomena adanya keterikatan manusia pada suatu tempat. Place bonding dipengaruhi oleh faktor karakter aktifitas. Penelitian ini menggunakan metode kulitatif dengan pendekatan fenomenologi, dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen utamanya. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bagaimana tingkat keterikatan mahasiswa Desain Interior di ITS dengan kampusnya, yang secara umum dibedakan berdasarkan tingkatan mahasiswa, kegiatan, karakteristik mahasiswa, dan fasilitas tempat yang tersedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa place bonding/keterikatan mahasiswa Desain Interior ITS dengan kampusnya paling dipengaruhi oleh karakter pembeda di setiap angkatan, karena pada setiap angkatan memiliki intensitas masing-masing terhadap kegiatan yang ada di dalam kampus Desain Interior.


Keywords


aktivitas; keterikatan; tempat

Full Text:

PDF

References


Jattmiko, Agus. (2016). Sense of Place dan Social Anxiety bagi Mahasiswa Baru Pendatang. Lampung: Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Raden Intan Lampung

Nurfitriana, Pipit. (2016). Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Tahun Pertama di Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nurhijah. (2015). Kerangka Penelitian Place Attatchment pada Tempat-Tempat Bernilai Budaya. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Nor Zarifah Maliki. (2016). Place Attatchment and Place Indentity: Undergraduate Student’s Place Bonding on Campus. China: Colleger of Architecture and Civil Enginering, Hebei University, Baoding City, and Malaysia: School of Housing, Buulding, and Planning, University Sains Malaysia

Qazimi, Shukran. (2014). Sense of Place and Place Identity. Albania: Epoka University, Faculty of Civil Engineering and Architecture Department of Architecture Tirana.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v4i1.5283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Desain Interior by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, ITS is is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jdi