Evaluasi Parameter Akustik Objektif Gereja X di Surabaya

Gontjang Prajitno, Regina Ratu, dkk

Abstract


Gereja merupakan salah satu bangunan yang memiliki citra yang khusyuk dan hikmat, sehingga perbedaan dari tekanan bunyi, keras lembutnya suara dan perjalanan bunyi yang akan menentukan kualitas dan kuantitas bunyi yang dihasilkan berdampak kenyamanan setiap jemaat dan tujuan setiap acara yang dilaksanakan. Dalam upaya untuk memenuhi standar sebuah ruang ibadah gereja maka peneilitian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi nilai parameter yang berada pada jemaat. Parameter yang dievaluasi meliputi persebaran tingkat tekanan bunyi, persebaran waktu dengung, persebaran tingkat kejelasan suara D50 (definition) dan C80 (clarity) suara musik. Dalam penelitian ini, pengujian dilakukan di ruang ibadah gereja x Surabaya. Dari hasil pengukuran dan analisa didapat bahwa memiliki nilai kriteria kebisingan pada gereja x bernilai NC 40 s.d NC 45. Nilai ini masih berada diatas nilai tingkat kebisingan yang direkomendasikan untuk fungsi ruang ibadah gereja Parameter waktu dengung berkisar antara 0,42-0,568  detik. Nilai C80 berkisar antara 2,94 dB hingga 12,38 dB. Maka secara keseluruhan nilai waktu dengung belum memenuhi standar dan untuk nilai C80 masih belum memenuhi standart. Sedangkan, untuk nilai D50 yang menyatakan kejelasan suara vokal bernilai antara 36,82% hingga 86,96% sudah memenuhi standart dibeberapa titik, untuk ruang dengan fungsi pidato.

Keywords


Bising latar belakang, waktu dengung, Definition, Clarity

Full Text:

PDF

References


Mangunwijaya, Y, B, Waastu, Citra. (1988) Pengantar ke Ilmu Budaya Bentuk Arsitektur Sendi-sendi Filsafatnya Beserta Contoh-Contoh Praktis. Jakarta.

Beranek, L.L. & Vér, I.L. 1992. “Noise and Vibration Control Engineering”. John Wiley & Sons. New York.

Rabi, dkk. 2012. “Perbaikan Kualitas Akustik Ruang Menggunakan Plafon Ventilasi Berdasarkan Waktu Dengung Studi Kasus Ruang Keluarga Pada Rumah Tipe 70”. Jurnal Fisika dan Aplikasinya Volume 1, No. 1.

Suyatno. (2016). Pengembangan Parameter Desain Akustik Ruang Pagelaran Gamelan Jawa. Bandung: ITB

Doelle, Leslie L. E. 1993. “Akustik Lingkungan”. Jakarta : Penerbit Erlangga.Proakis John G, Manolakis, 2007, “Digital Sinyal Processing”, edisi 4, Prentice Hall, New Jersey : 34-35.

Ahnert, W., & Schmidt, W. (2006). Fundamentals to Perform Acoustical Measurements.

Everest Alton F, Ken. C Pohlmann, 2009, “Master Handbook of Acoustic”, McGraw-Hill, inc




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24604682.v14i2.3687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.