Elektropolimerisasi Film Polianilin dengan Metode Galvanostatik dan Pengukuran Laju Pertumbuhannya

Rakhmat Hidayat Wibawanto, Darminto Darminto

Abstract


Polianilin (PANi) adalah salah satu bahan polimer konduktif yang bisa disintesis dengan cara reaksi kimia dan elektrokimia. Penelitian ini bertujuan untuk mensintesis PANi secara elektrokimia dengan metode galvanostatik, mengukur laju pertumbuhan film dan mengukur konduktivitas listrik PANi. Elektroda yang digunakan dalam penelitian ini adalah karbon dan tembaga. Larutan yang digunakan adalah anilin-HCl 1,5 M. Variasi arus elektropolimerisasi yang digunakan adalah 1 A, 0,5 A, 0,25 A, 100 mA, 75 mA, 50 mA dan 25 mA. Penelitian menunjukkan bahwa semakin besar arus elektropolimerisasi yang digunakan, maka semakin cepat laju pertumbuhan
film PANi pada karbon. Pada arus elektropolimerisasi 1 A didapatkan laju per-tumbuhan film PANi sebesar 0,047 cm/menit. Konduktivitas listrik film PANi yang terbentuk juga semakin besar seiring dengan besarnya arus  elektropolimerisasi, kemudian menurun setelah mencapai nilai optimumnya. Pada arus elektropolimerisasi 0,25 A didapatkan nilai konduktivitas listrik sebesar (20,83 ± 3,04) S/cm kemudian nilai konduktivitas listrik film PANi menurun pada arus elektropolimerisasi 0,5 A dan 1 A. Hasil pengujian spektroskopi FTIR menunjukkan bahwa ikatan-ikatan kimia pada PANi fasa konduktif (garam emeraldin) sudah terbentuk, ditunjukkan dengan munculnya puncak-puncak serapan IR yang sesuai dengan referensi.

Keywords


PANi; galvanostatik; konduktivitas listrik; laju pertumbuhan

Full Text:

PDF

References


Yang, Jiping, dkk., Applied Polymer Science, 56, 831-

(1995).

Angelopoulos M, Asturias G.E, Erner S. P,Mac Diarmid .G, Ray A & Scheer E.M., Polyaniline: Solution, films and Oxydation State, Mol Crystal. Lip crystal, Vol.160 (1998).

Suryaningsih, Sri, Harjo, D.H., Demen, T.A., Analisis Konduktivitas Bahan Polianilin Sebagai Fungsi Konsentrasi Elektrolit, Laporan Akhir Penelitian, UNPAD, Bandung, 1998.

Hidayat, Rachmat, Elektropolimerisasi dan Doping Polianilin Serta Pengkajian Pengaruh Parameter Elektropolimerisasinya, Laporan Tugas Akhir, ITB, Bandung, 1993.

Kusumawati, D.H, Setiasih W, Putri N.P., Jurnal Fisika dan Aplikasinya, vol.4 no.1 Januari 2008, (2008)

Wibawanto, R.H. , Elektropolimerisasi film Polianilin Dengan Metode Potensiostatik, Tugas Akhir, ITS, Surabaya, 2009.

Poli, Agustinus A., Pengaruh Konsentrasi Elektrolit Terhadap Karakteristik Polianilin yang Disintesis secara Elektrokimia, Skripsi, Unair, Surabaya, 2007.

Irfa, Rochimah A. , ElektropolimerisasiPolianilin Pengaruh

Konversi dan Jenis Asam Dopan Terhadap Konduktivitas Polianilin, Laporan Tugas Akhir ITS, Surabaya, 1995.

Pradhana, I Gusti Bagus Astu, Sintesis Komposit Nano

Polianilin-Fe3O4 dan Karakterisasi Sifat Listrik dan Magnetiknya, Laporan Tugas Akhir, ITS, Surabaya, 2009.

Permana, Andry, Sintesis Bahan Nanokomposit Polianilin (PANi) - TiO2 Dan Karakterisasinya Sebagai Pelapisan Tahan

Korosi, Laporan Tugas Akhir, ITS, Surabaya, 2010.

Sucahyo, Eko, Sintesis dan Kajian Pengaruh tingkat Keasaman (pH) dopan H2SO4 Terhadap konduktivitas Listrik Polianilin, Laporan Tugas Akhir, ITS, Surabaya, 2001.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24604682.v8i1.859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.