Pengaruh Penggunaan Cermin Datar dalam Ruang Tertutup pada Sel Surya Silikon

Vony Yumanda, Satwiko Sidopekso

Abstract


Upaya mengoptimalkan output listrik pada modul surya dengan cara memaksimalkan intensitas sinar yang jatuh ke permukaan modul surya dengan menggunakan cermin datar (ruang cermin). Hasil yang diperoleh menunjukan terdapat peningkatkan output dari modul surya. Nilai Isc, Voc dan Pout tertinggi berturut yaitu
sebesar 2,13 ampere; 20,483 volt dan 35,34 watt. Sedangkan nilai Isc, Voc dan Pout tertinggi tanpa ruang cermin berturut yaitu sebesar 0,78 ampere; 19,24 volt dan 12 watt. Prosentase kenaikan daya output pada modul surya dapat mencapai 64,22% , efisiensi tertinggi modul surya pada ruang cermin sebesar 14% dengan menggunakan daya lampu terendah.

Keywords


modul surya; optimalisasi output listrik; ruang cermin

Full Text:

PDF

References


Arianti, Erna, Studi Eksperimen Karakteristik Arus-Tegangan Sel Surya Silikon, Skripsi,Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2000.

Halim, Abdul, Photovoltaic power system: Harapan dan Kenyataan Dimensi Waktu Sains Dan Teknologi (ISEECS, 2001)

Sungkono, Wijoyo, Upaya peningkatan kapasitas daya output photovoltaic melalui proses pendinginan, Universitas Kristen Petra,Surabaya, 2000.

Wibowo, Hariyanto, Studi penggunaan solar reflector untuk optimalisasi output daya pada photovoltaic (pv), Universitas Kristen Petra,Surabaya, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24604682.v6i1.917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.