Perancangan Alat Ukur Tegangan Permukaan dengan Induksi Elektromagnetik

Indarniati Indarniati, Frida Ulfah Ermawati

Abstract


Tegangan permukaan merupakan sifat permukaan suatu zat cair akibat pengaruh tegangan. Guna mengetahui seberapa besar nilainya dilakukan pengukuran dengan menggunakan susunan alat hasil rancangan yang menggunakan sensor induksi elektromagnetik, menggantikan Newtonmeter yang selama ini dipergunakan. Perancangan tersebut dimaksudkan untuk mengetahui apakah sensor induksi elektromagnetik dapat dipergunakan sebagai pengganti Newtonmeter dalam pengukuran tegangan permukaan zat cair, dan dapat menunjukkan proses fisika yang terjadi selama pengukuran tegangan permukaan berlangsung karena mengetahui perubahan tiap gaya tarik yang terjadi selama pengukuran, nilai gaya tarik tersebut, serta nilai tegangan permukaan zat cair dapat diketahui secara langsung. Hal ini dimungkinkan karena data ditampilkan dalam bentuk grafik. Penelitian mencakup persiapan, perencanaan, dan perakitan alat sampai dengan pengujian (studi kelayakan) hasil rancangan
dengan menggunakan oli SAE 20W-50, oli SAE 30, dan bensin sebagai sampel uji.

Keywords


tegangan permukaan; induksi elektromagnetik; sensor induksi; Newtonmeter

Full Text:

PDF

References


Sears, Zemanzky, Fisika untuk Universitas I, Mekanika Panas Bunyi,(Bina Cipta, Bandung, 1985).

Tim, Petunjuk Praktikum Fisika Dasar, Mekanika Panas Bunyi Getaran (FMIPA ITS, Surabaya, 2005).

Surya, Yohanes, Olimpiade Fisika dan Latihan Fisika Menghadapi Masa Depan, Sekolah Menengah Umum, Caturwulan Kedua, (Cipta Ilmu, Jakarta, 1996).

Foster, Bob, Terpadu Teori, Contoh Soal dan Penyelesaiannya, dan Evaluasi Fisika, SMU Kelas 3A, Tengah Tahun Pertama (Erlangga, Bandung, 1999).

Foster, Bob, Terpadu Teori, Contoh Soal dan Penyelesaiannya, dan Evaluasi Fisika, SMU Kelas 3B, Tengah Tahun Kedua, (Erlangga, Bandung, 1990).

Illingwort, Valerie, The Pinguin Dictionary of Physics, Edited by Valerie Illingworth, 2nd ed., (Market House Books LTD, 1990).

Eko Putra, Agfianto, Teknik Antarmuka Komputer, Konsep dan Aplikasi (Graha Ilmu, Yogyakarta, 1997)

Sumaryadi, Slamet, Implementasi Interface PPI 8255 untuk Simulasi Pengaturan Informasi Kebakaran dengan Suara dan Membuka Valve Dilengkapi Sambungan Telepon, FTI, ITS (1997)

Halliday - Resnick (Pantur Silaban - Erwin Sucipto), Fisika Jilid 2, Edisi Ketiga (Erlangga, Jakarta, 1999).

Tim, Terampil Menerapkan Konsep dan Prinsip Fisika, 2A untuk Kelas 2 SMU, Cawu I dan Tengah Cawu II, (Tiga Serangkai, Surakarta, 1995).




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24604682.v4i1.948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.