Implementasi Algoritma Genetika untuk Menentukan Karakter Green house dengan Teknik Identifikasi

Melania Suweni Muntini, Yul Yanazwin Nazaruddin

Abstract


Salah satu cara untuk pengkondisian temperatur di dalam suatu green house adalah dengan mengenali perilaku dan karakter perubahan temperaturnya. Pengenalan karakter dapat dilakukan dengan mencari model perubahan temperatur di dalam green house tersebut. Ada berbagai cara untuk melakukan pemodelan, yang diantaranya adalah dengan teknik identifikasi berdasarkan hasil pengukuran masukan-keluarannya. Pada makalah ini disajikan hasil penelitian yaitu pengembangan teknik identifikasi sistem dengan menggunakan algoritma genetik. Algoritma genetik yang dikembangkan dalam penelitian ini menggunakan fungsi fitness yang didasarkan pada residu antara keluaran sistem dan keluaran model. Pengukuran masukan-keluaran dalam penelitian ini dilakukan pada suatu miniatur green house. Dengan memadukan teknik identifikasi dan algoritma genetik, karakter perubahan temperatur dalam green house dapat didekati menggunakan model Auto Regressive Moving Average
with Exogenous Input (ARMAX). Hasil yang diperoleh untuk proses pemanasan dan pendinginan dalam green house adalah model dengan struktur ARMAX orde 3. Model tersebut diperoleh dengan nilai fitness terbaik 0,89 untuk proses pemanasan dan 0,98 untuk proses pendinginan.

Keywords


algoritma genetika; ARMAX; pemodelan; green house; sistem identifikasi

Full Text:

PDF

References


Johansson, Rolf, System Modeling and Identification (Prentice Hall, New York, 1993).

Muntini,S.M, Pemodelan dan Penentuan Orde Model dengan menggunakan Teknik Identifikasi, Thesis, Institut Teknologi Bandung, 2000.

Muntini,S.M and Nazaruddin, Y.Y., Identification of Vehicle Suspension Using Genetic Algorithm Technique, Proc. of Indonesia Germany Conference (IGC), Bandung, 2001.

Mitsuo Gen & Runwei Cheng, Genetic Algorithms & Engineering Design (John Wiley and Son, 1997).




DOI: https://dx.doi.org/10.12962/j24604682.v4i1.950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.