Identifikasi Scouring sebagai Potensi Kelongsoran Tanggul Sungai Bengawan Solo berdasarkan Survei GPR (Studi Kasus Desa Widang, Kabupaten Tuban)

Dwa Desa Warnana

Abstract


Telah dilakukan pengukuran dengan metode GPR (Ground Penetrating Radar) untuk mengidentifikasi scouring Sungai Bengawan Solo di Desa Widang, Kabupaten Tuban. Metode GPR merupakan salah satu metode geofisika yang memanfaatkan prinsip penjalaran gelombang elektromagnet dalam medium (tanah) yang kedalaman penetrasinya dan besar amplitudo yang terekam bergantung pada sifat dielektrik dari batuan atau media bawah permukaan dan frekuensi yang digunakan. Pada penelitian kali ini digunakan antena berfrekuensi 50 MHz, yang bisa mencapai penetrasi hingga 25 - 30 meter. Pada hasil pengolahan data dan interpretasi menunjukkan bahwa terdapat pendangkalan sungai di daerah hulu. Sedangkan pada daerah menuju ke hilir dasar sungai mengalami penggerusan lapisan tanah (erosi) sehingga mengakibatkan dasar sungai menjadi curam. Penggerusan lapisan tanah (scouring) di sekitar tanggul diakibatkan oleh tanah yang mengandung lempung berpasir, pada pori batuannya tersisipi oleh air sungai. Potensi kelongsoran yang tinggi dapat dipicu dengan adanya scouring
dan erosi aktif (terus menerus). Keadaan seperti ini ditemukan pada daerah pengukuran lintasan widang 2 dan lintasan widang 3. Berdasarkan hasil interpretasi data yang dikorelasikan dengan data bor, menunjukkan bahwa sebagian besar daerah pengukuran memiliki litologi yang didominasi oleh lempung pada pengendapan atas (dasar sungai) dan pada kedalaman 8,5-15 meter didominasi pasir dan lanau.

Keywords


scouring; sedimentasi; GPR; Widang

Full Text:

PDF

References


Warnana, D.D dan Ian R., Penerapan Metode Geolistrik dalam analisa keandalan tanggul sungai: studi kasus Sungai Bengawan Solo, Proc Seminar Fisika dan Aplikasinya, Surabaya, 2007.

Xanthakos, P., Bridge Substructure and Fondation Design (Prentice Hall, 1995).

Reynolds, John M., An Introduction to Applied and Environmental Geophysics (John Wiley & Sons, New York, 1997).

Annan, A.P., Ground Penetrating Radar Workshop Notes (Sensors & Software Inc, Canada, 1992).

MalaGeoscience, Ramac?GPR Software Manual (Swedia,

.

Sandmeier, K.J., ReflexW (Software version 3.5.7, 2005).

Bares , M and Haeni, F.P., GroundWater, 29(3), 375-386 (1991).




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24604682.v4i2.959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.