Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja berdasarkan Sistem Pemberian Upah Borongan di Kabupaten Sampang (Studi Kasus Pembangunan ICU RSUD Kabupaten Sampang)

Moch. Hazin Mukti, Dedy Asmaroni

Abstract


Perkembangan teknologi sangat berpengaruh terhadap kemajuan di berbagai aspek khususnya di bidang konstruksi. Persaingan bisnis yang semakin ketat antar perusahaan jasa pelaksanaan konstruksi (kontraktor) memicu para pelaku usaha untuk berlomba-lomba memberikan pelayanan atas kepuasan pelanggan. Oleh sebab itu sangat penting bagi perusahaan untuk memperhatikan produktivitas tenaga kerjanya. Dengan upah yang sesuai akan memberikan kepuasan dan semangat kerja pekerja yang dapat meningkatkan produktivitasnya sehingga perusahaan pun mendapatkan hasil yang optimal. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, akan dilakukan penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja konstruksi borongan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah metode analisa statistik deskriptif yaitu dengan mengumpulkan data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang diperoleh langsung dari sumber pertama seperti wawancara dan pengisisan kuesioner, sedangkan data sekunder merupakan jenis data yang diperoleh dari sumber kedua seperti uji literature atau tinjauan pustaka. Pengujian ini menggunakan pengujian Kruskall Wallis. Dari data diketahui bahwa pada empat variabel masing-masing dengan sampel berjumlah 32 memiliki mean ranks berturut-turut yaitu 27,25 pada variabel X1 (kecepatan kerja), 84,81 pada variabel X2 (kerjasama), 84,94 pada variabel X3 (semangat kerja) dan 61,00 pada variabel X4 (loyalitas kerja).


Full Text:

PDF

References


Anoraga, Panji (1998). Psikologi Kerja. Rinka Cipta. Jakarta.

Asmaroni, Dedy (2014). Analisa Keterlambatan Waktu Pelaksanaan Proyek Pembangunan Gedung Pemerintah Di Kabupaten Pamekasan. Universitas Madura. Pamekasan.

Basuki, I.R. & Utomo, C. 2011. “Perbandingan Sistem Pemberian Upah Harian dengan Upah Borongan Terhadap Produktivitas Buruh Konstruksi pada Kontraktor di Surabaya”. Jurnal Teknik, Vol. 10, No. 2.

Hasibuan, Malayu (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Hepiyanto, Rasio (2015). “Produktivitas Tenaga Kerja Borongan Dan Harian Pada Pekerjaan Plesteran (Studi Kasus Pada Pembangunan Hotel Ciputra World Surabaya – Jawa Timur)”. Jurnal Teknik, Vol. 2, No. 2. Universitas Islam Lamongan.

Lazib, Thahiril, dkk. (2010). “Konsep Tentang Sistem Pemberian Upah Terhadap Produktivitas Buruh Konstruksi Di Surabaya”. Jurnal Teknik , Vol. 9, No. 1.

Setiawan, Nugraha. 2005. Statistika Nonparametrik (Untuk Penelitian Sosial Ekonomi Peternakan). Universitas Pajajaran. Bandung.

Sedarmayanti (2001). Sumber Daya Manusia Dan Produktivitas Kerja. Mandar Maju. Bandung.

Suprayitno, H. & Soemitro, R.A.A. (2018). “Preliminary Reflexion on Basic Principle of Infrastructure Asset Management”. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, Vol. 2, No. 1, Maret 2018, Hal. : 1-9.

Tanto, Dwi dkk. (2012). “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Pekerja Pada Pengerjaan Atap Baja Ringan di Perumahan Green Hills Malang”. Jurnal Rekayasa Sipil, Vol 6, No. 1

Walpole, Ronald E (1995). Ilmu Pengantar Statistika. Edisi ke-3. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Winarso, Kukuh (2015). Pengantar Statistika Industri 1. Pesona Karya Utama. Bangkalan.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j26151847.v4i1.6828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung :

Statistik Afiliasi Penulis

View My Stats

 

Flag Counter

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas by Departemen Teknik Sipil ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.