Evaluasi Pemanfaatan Aset Barang Milik Daerah dengan Analisis Cost and Benefit (CBA) pada Stadion Mandala Krida Yogyakarta

Sri Wahyuni, Rifki Khoirudin, Novi Irawati, Ariyanto Adhi Nugroho

Abstract


Pada penelitian ini, akan dilihat hasil dari Evaluasi Pemanfaatan Aset Barang Milik Daerah Pada Stadion Mandala Krida Yogyakarta. Evaluasi pemanfaatan aset pada Stadion Mandala Krida Yogyakarta ini dilakukan dengan menggunakan analisis CBA (Cost and Benefit Analysis) dan SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunity and Threats). Penelitian ini menggunakan data survey lapangan pada bulan Desember 2018. Perbandingan antara pendapatan dan biaya adalah lebih besar biaya sehingga menimbulkan net income yang negatif, sehingga Net Present Value (NPV) juga akan negatif. Pemanfaatan yang ideal dari hasil analisis SWOT adalah sebagai sarana olahraga. Hasil dari evaluasi pemanfaatan aset pada Stadion Mandala Krida Yogyakarta mengindikasikan bahwa untuk pengelolaan dari pemanfaatan aset tersebut, sebaiknya dilakukan melalui Badan Layanan Umum.


Full Text:

PDF

References


Campbell, H. & Ricard B. (2003). Benefit-Cost Analysis Financial and Economics Apraisal Using Spreadsheet. Cambrige Press. New York.

David, F.R. (2011). Manajemen Strategis: Konsep-Konsep. Edisi Duabelas. Salemba Empat. Jakarta.

Hanafi, M.M. & Abdul Halim. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Kelima. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Kadariah (1999). Evaluasi Proyek Analisis Ekonomi. Lembaga Penelitian Fakultas Ekonomi UI. Jakarta.

Lawrence, Sarah & Daniel P. Mears (2004). Benefit-Cost Analysis of Supermax Prisons: Critical Steps and Considerations. The Urban Institute. Washington D.C.

Mangkoesoebroto, G. (1994). Ekonomi Publik. BPFE – Badan Penerbit Fakultas Ekonomi. Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Rangkuti, F. (2011). SWOT Balance Scorecard. PT Gramedia Pustaka. Jakarta.

PemProv DIY (2017). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2017-2022. Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Soeharto, I. (1999). Manajemen Proyek: dari Proyek Konseptual sampai Operasional. Jilid I & II. Erlangga. Jakarta.

Suprayitno, H. & Soemitro, R.A.A. (2018). “Preliminary Reflexion on Basic Principle of Infrastructure Asset Management”. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, Vol. 2, No. 1, Maret 2018, Hal. : 1-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j26151847.v4i1.6829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung :

Statistik Afiliasi Penulis

View My Stats

 

Flag Counter

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas by Departemen Teknik Sipil ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.