RANCANG BANGUN BERKELANJUTAN DI TEPI SUNGAI STUDI KASUS: KAMPUNG KAPITEIN, SEBERANG ULU, PALEMBANG

Fadly Usman

Abstract


Sebuah kesadaran akan pentingnya pemeliharaan kawasan tepi sungai sebagai kekayaan yang tidak ternilai harganya telah melatar belakangi keinginan untuk mengkaji, mendalami, mempelajari dan menganalisis konsep penataan kawasan tepi sungai dan gejala terkini pemanfaatan dan penggunaan sungai.

Dalam kajian ini, konsep rancang bangun yang berkelanjutan di kawasan tepi sungai dilakukan melalui pengamatan dan kajian kepada objek fisik berupa bangunan tepi sungai dan perilaku masyarakat setempat sebagai acan penentuan kebijakan atas luas dimensi dan letak bagi sarana prasarana kegiatan penunjang bagi penduduk.

Hasil yang diharapkan dalam kajian ini adalah berupa konsep mengenai penataan kawasantepi sungai yang selayaknya dilakukan, yaitu pendekatan penataan kawasan yang tidak hanya menitikberatkann kepada aspek fisik yang kasat mata saja tetapi juga aspek-aspek tidak terukur seperti perilaku, budaya, sosiologi dan ekonomi masyarakat yang dijadikan sebagai hirarki perencanaan kawasan secara menyeluruh dan terpadu.


References


Branch, Melville C. (1996). Perencanaan Kota Komprehensif, Gajah Mada University Press Yogyakarta.

Breen, Aan dan Rigby, Dick. (1996). The New Waterfront, A World Urban Success Story, McGraw-Hil, Inc.

Chapin F Stuart, Jr. (1965). Urban Land Use Planning, Universuty of Illinois Press, Urbana.

Danisworo. (1996). Konsep untuk Mewujudkan Keselarasan Antara Pertumbuhan, Peremajaan, dan Konservasi dalam Pembangunan ITB.

Djohan Hanafiah (1988). Palembang Zaman Bari Citra PalembangTempo Doeloe, Humas Pemerintah Kotamadya Daerah Tk II, Palembang.

Galaty, Fillmore w. (1991). Modern Real Estate Practice, Real Estate Education Company, a Divisionof Dearborn Financial Publishing, Inc, Chicago.

Hazreena Hussein, Aty Rosemary. (2000). Sustainable Waterfront Development, proceedings SENVAR 2000, Arsitektur ITS, Surabaya.

Lang, Jon. (1994). Urban Design The American Experience, Van Nostrand Reinhold Company, New York.

Miles, Mike E, Richard L Haney, Jr., and Gayle Berens. (1996). Real Estate Development Principles and Process, Second Edition, Washington DC, ULI-the Urban Land Institute.

Rajab Semendawai. (1991). Petunjuk Kota Palembang, Humas Pemerintah Kotamadya DaerAH Tk II, PD Prima Jaya, Palembang.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2716179X.v1i1.2230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung

 

Creative Commons License

Jurnal Penataan Ruang by LPPM ITS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jpr/index.