KONSEP PELESTARIAN KORIDOR JALAN KEMBANG JEPUN SURABAYA

Dewi Ardit Arin, Rima Dewi Suprihardjo, Bambang Soemardiono

Abstract


Perkembangan kawasan dalam bidang ekonomi maupun sosial membawa kawasan Jepun dan sekitarnya pada perubahan bentuk fisik bangunan. Perubahan bentuk fisik tersebut banyak terjadi dan menjadi masalah pada jalam utama Kembang Jepun, dimana tampilan bangunan asli ditutupi dengan berbagai papan iklan dan pembangunan baru yang telah merubah karakter kawasan ini. Perubahan bentuk fisik tersebut secara langsung akan mempengaruhi adanya citra atau kesan (image) dengan nilai sejarah secara berangsur berubah dan bahkan mungkin hilang. Tujuan dari studi ini adalah mendapatkan konsep pelestarian kawasan bersejarah di koridor kembang jepun Surabaya melalui penetapan bangunan kunci pada kawasan Kembang Jepun Surabaya.

Proses analisa dilakukan dengan menggunakan landasan berpikir rasionalisme dengan pendekatan empiris logis. Hasil analisa tersebut menjadi dasar pendekatan dalam menentukan bangunan kunci sebagai konsep pelestarian. Koridor studi memiliki potensi untuk menjadi kawasan perdagangan dengan karakteristik dan ekspresi arsitektural tertentu. Melalui pendekatan deskriptif, koridor studi dianalisa berdasarkan aspek arsitekturalnnya.

Hasil identifikasi bangunan pada koridor studi yang menjadi bangunan kunci ada 4 (empat) bangunan. Ke-empat bangunan tersebut menjadi dasar dalam menerapkan konsep pelestarian koridor. Pendekatan yang dapat dilakukan untuk memberikan karakter yang sesuai dengan bangunan kunci yang didapat adalah dengan cara ‘urban healing’.


References


Branch, Melville C. 1975. Urban Planning Theory. Dowden Hutchinson and Ross Inc. Stroudsburg, Pennsylvania.

Cohen, Nahoum. 2001. Urban Planning Conservation and Preservation. McGraw Hill, New York.

Cresswell, John W. 1994. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches, Sage Publication, United States of America.

Hendraningsih et all dalam Darmawan, Edy dan Ratnatami, Ariko. 2005. Bentuk, Makna, Ekspresi Arsitektur Kota dalam Suatu Kajian Studi, Badan Penerbit UNDIP, Semarang.

Lynch, Kevin. 1973. The Image of the City, The MIT Press, London-England.

Shirvani, Hamid. 1985. The Urban Design Process, Van Nostrand Reinhold Co. Inc, New York.

Spreiregen, Paul. D. 1965. Urban Design: The Architecture ofTowns and Cities. Mc Graw-Hill, New York.

Yuwono, Martono. 2001. Sketsa Edisi Khusus, Jakarta.

Zahnd, Markus. 1999. Perancangan Kota Secara Terpadu, Kanisius, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2716179X.v7i1.2258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung

 

Creative Commons License

Jurnal Penataan Ruang by LPPM ITS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jpr/index.