POTENSI INDUSTRI PENGOLAHAN SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN SMK DI KABUPATEN PASURUAN

- Mulyono, Heru Purwadio, Haryo Sulistyarso

Abstract


Berdasarkan distribusi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga konstan menurut lapangan usaha tahun 2006 di Kabupaten Pasuruan terlihat bahwa sektor industry pengolahan menempati urutan teratas dengan prosentase 31,16%. Sektor ini perlu mendapatkan perhatian terutama dalam upaya pengembangan sumber daya manusianya. Melihat kondisi existing sektor industry pengolahan masih menjadi sektor dominan, sementara itu dalam pengembangan sumberdaya manusia pendidikan SMK, terlihat masih ada hambatan. Hambatan tersebut adalah belum dikembangkannya SMK yang sesuai dengan potensi industry pengolahan. Penelitian ini ebrtujuan untuk merumuskan konsep pengembangan SMK yang sesuai dengan potensi industry pengolahan di Kabupaten Pasuruan.

Untuk mengidentifikasi potensi industry pengolahan, digunakan analisis LQ. Sedangkan untuk menganalisis faktor-faktor penghambat pengembangan SMK dan konsep pengembangan SMK yang sesuai dengan potensi industry pengolahan, dianalisis dengan Delphi yang diawali dengan analisis stakeholders.

Potensi yang dominan pada sektir industry pengolahan di Kabupaten Pasuruan adalah perpaduan antar subsector industry yaitu 1) industry makanan, minuman dan rokok 2) mesin dan peralatannya, 3) barang dari kayu, rotan 4) tekstil dan alas kaki 5) kertas, percetakan dan penerbitan, dan 6) industry kimia.

Faktor-faktor penghambat pengembangan SMK yang sesuai dengan potensi industry pengoalahan yaitu 1) biaya operasional pendidikan SMK, 2) tenaga pendidik SMK, 3) sarana dan prasarana, 4) kerjasama SMK dengan industry, 5)kemajuan ekonomi(potensi), 6) kemampuan Iptek, 7) kebijakan pemerintah, dan 8) minat masyrakat. Penelitian ini dihasilkan konsep pengembangan SMK melalui 1) diferensiasi masyarakat, 2) pelatihan/magang, 3) pembelajaran SMK di BLK/Industri, 4) kerjasama SMK dengan industry yang saling menguntungkan, 5) Re-Engineering SMK dengan pengembangan/pembukaan program kahlian SMK berdasarkan potgensi industry yaitu : Teknologi Tekstil, Kria Kulit, Kria Kayu, Teknik Kimia, Teknik Grafika, Pengecoran Logam dan Mekanina Industri, 6) beradaptasi dengan lingkungan eksternal untuk mencari pasar kerja lulusan, 7) efektifitas program peningkatan SDM untuk orientasi penempatan tenaga kerja ke industri, sosialisasi lulusan SMP/MTs untuk masuk SMK, dan 8)menganalisis minat masyarakat dalam pemilihan program keahlian SMK

References


Adisasmitha, Raharj (2005), Dasar-dasar Ekonomi Wilyah, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

Alkadri, (2001), “Manajemen Teknologi Untuk Pengembangan Wilayah” Pusat Pengkajian Kebijakan Teknolohi Pengembangan Wilayah BPPT, Jakarta,

BPS Kabupaten Pasuruan (2006), PDRB Kabupaten Pasuruan, Pemerintah Kabupaten Pasuruan.

BPS Jawa Timur (2006), PDRB Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Tingkat I Jawa Timur.

BPS Kabupaten Pasuruan (2007), Pasuruan dalam Angka Tahun 2007 Pemerintah Kabupaten Pasuruan.

Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan (2007), Profil Ketenagakerjaan Kabupaten Pasuruan Tahun 2006. Pemerintah Kabupaten Pasuruan

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (2007). Profil Disperindag Kabupaten Pasuruan Tahun 2006. Pemerintah Kabupaten Pasuruan.

Djojonegoro, W. (1999), Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Sekolah Menengah Kejuruan. Penerbit PT. Balai Pustaka, Jakarta.

Dunn, Willian H.,(2000), Pengantar Analisis Kebijakan Publik, edisi kedua. Gajah Mada University Press, Yogyakarta

Santoso, Budi, Eko (2007), Materi Kuliah Ekonomi Wilayah, Program Pasca Sarjana Institut Teknologin Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Jurusan Arsitektur Program Studi Manajemen Pembangunan Kota, Surabaya.

Soenarya, Endang. (2000), Teori Perencanaan Pendidikan Berdasarkan pendekatan system, Adicita Karya Nusa, Yogyakarta.

Spillane, James dan Usma, Wan, (1988), Ekonomi Regional, Karunika Jakarta Universitas Terbuka, Jakarta.

Suparmoko (1996), Pengantar Ekonomika Makro, Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Suryadi, Ace (2002), Pendidikan-investasi SDM-Pembangunan, Penerbit PT. Balai Pustaka, Jakarta.

Rochaety, Eti, dkk, (2005), Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Subdit Pembelajaran Direktorat Pembinaan SMK, 2007, Spektrum Bidang dan Program Keahlian SMK, Ditjen Mandikdasmen Depdiknas, Jakarta.

Sutrisno, Joko, (2007), Program Imbal Swadaya Pengembangan Kota Vakasi. Direktor Pembinaan SMK Dikjen Dikdasmen, Jakarta

Tarigan, Robinson (2005), Ekonomi Regional, Edisi Revisi, Penerbit PT. Bumi Aksara, Jakarta

UU No. 25 Tahun 1997. Ketenagakerjaan. Bab I Pasal 1.

Wena, Made, (1996), Pendidikan Sistem Ganda, Tarsito, Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2716179X.v4i1.2360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung

 

Creative Commons License

Jurnal Penataan Ruang by LPPM ITS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jpr/index.