Pengembangan Kawasan Cagar Budaya Ampel sebagai Potensi Pariwisata Religi Di Surabaya

Rimadewi Suprihardjo

Abstract


Keberadaan Ampel semakin kuat dengan ditemukannya nilai ruang Kawasan Ampel. Kekuatan nilai religi membuat kawasan Ampel sebagai pusat syiar agama yang berpengaruh secara lokal, regional dan nasional bahkan internasional. Nilai histori akan berperan meningkatkan kawasan Ampel menjadi cagar budaya yang aktif (tidak pasif dan statis). Nilai sosial-budaya yang tumbuh di masyarakat Ampel dapat menjadi contoh masyarakat kota Surabaya lainnya dalam menggalang kekuatan kebersamaan, demikian pula nilai ruang ekonominya dapat meningkatkan peran perdagangan dengan skala lokal, regional dan nasional. Secara keseluruhan nilai ruang kawasan Ampel menjadi cermin pembangunan masyarakat seutuhnya. Keberadaan dan perkembangan Ampel tidak lepas dari pertumbuhan kota Surabaya dari sisi fisik dan ekonomi dari waktu ke waktu. Dari potensi nilai-nilai yang ada maka kekuatan kawasan tersebut sebagai pusat kegiatan pariwisata religi sangat kuat. Kekuatan tersebut dipertajam dengan adanya pengangkatan kearifan lokal dalam setiap kegiatan masyarakat yang berada dalam kawasan tersebut. Pertumbuhan jumlah wisatawan menjadikan indikator bahwa kawasan tersebut sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai kawasan pariwisata dalam skala nasional maupun Internasional. Penataan ruang dan managemen pariwisata menjadi poin penting yang perlu dilakukan dalam pengembangan kawasan Cagar Budaya Ampel sebagai kawasan pariwisata

Keywords: faktor nilai ruang (space value factor), kawasan Cagar Budaya (Cultural Heritage Area), kegiatan pariwisata (tourism activity)




Full Text:

PDF

References


Adisasmita,Rahardjo,1996. Teori-teori Lokasi dan Pengembangan Wilayah. Diktat Kuliah,Universitas Muslim Indonesia, Ujung Pandang.

Alexander, Papaghorgiou,1971. Continuity and Change, Preservation in City Planning.Preager Publisher New York.

Chapin,F Stuart, Jr & Edward, J Kaiser, 1979. Urban Land Use Planning. Third Edition. University of Illinois Press. Urbana. Chicago,London.

Gory. LA Mark and Pipkin .John, 1981. Urban Social Space. Wadsworth Publishing Company, Belmont, California.

Kaiser,Edward,J& David.R Godschalk & F.Stuart Chapin, Jr, 1995. Urban Land Use Planning. Fourth Edition. University of Illinois Press, Urbana, Chicago.

Kivell,Philip ,1993. Land and the City. Pattern and processes of urban Change. Routledge, London and New York.

Rapopport, Amos, 1977. Human Aspect of Urban Form. Pergamon Press New York.

Rossi, Aldo,1982. The Architecture of the City. The MIT Press.

Supriharjo, Rimadewi, (2003). Paper : Cultural Activity as Cultural Heritage in Ampel Area, Surabaya, Indonesia. International Symposium and Workshop, Managing Heritage Environment in Asia, Yogyakarta, Indonesia.

Supriharjo,Rimadewi,(2004). Nilai Ruang di Kawasan Ampel Surabaya. Disertasi (S3) Jur Arsitektur FT, Gadjah Mada, Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2716179X.v11i1.5213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung

 

Creative Commons License

Jurnal Penataan Ruang by LPPM ITS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jpr/index.