Arahan Pengembangan Infrastruktur Desa Wisata Talun Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo

Arwi Yudhi Koswara, Valdy Kristianto, Irmawandari Irmawandari, Firsty Amalia

Abstract


Kabupaten Ponorogo merupakan wilayah yang memiliki potensi alami Telaga Ngebel untuk pengembangan pariwisata sebagai salah satu alternatif daerah tujuan wisata unggulan Jawa Timur. Desa desa di sekitar Telaga Ngebel mempunyai beberapa potensi seperti potensi hasil alam dan komoditas perkebunan. Desa Talun merupakan desa terluas di Kecamatan Ngebel seluas 16,72 Km2 atau 27,42 % dari luas seluruh kecamatan Ngebel (BPS dalam angka Kecamatan Ngebel, 2015), tetapi Desa Talun, Kecamatan Ngebel masih kurang mendukung untuk dijadikan desa wisata karena dari beberapa aspek aksesbilitas dan fasilitas yang tersedia belum lengkap. Dari data diatas diperlukan penelitian Arahan Pengembangan Infrastruktur Desa Wisata Talun Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini bertujuan mendapatkan arahan pengembangan infrastruktur yang dibutuhkan desa Talun Kecamatan Ngebel Ponorogo, tahapan penelitian ini ada 2, pertama identifikasi kondisi infrastruktur desa wisata Talun, kekuatan dan kelemahan desa wisata Talun dan arahan pengembangan. Hasil dari identifikasi menunjukan 4 komponen wisata desa Talun ada dengan kondisi beragam, obyek wisata berupa air terjun zig zag, akses menuju obyek wisata jalan tanah tanpa penanda, infrastrutur dasar sudah ada air bersih, listrik tanpa drainase. Fasilitas wisata desa belum ada gazebo, gardu pandang, restoran dan rest area yang memadai. Hospitality service memiliki potensi warga desa telah banyak yang bekerja di jasa pariwisata. Untuk arahan yang diusulkan penambahan sign gapura menuju desa wisata Talun untuk mempermudah akses.melengkapi restoran dan gazebo agar wisatawan dapat berlama lama di Talun. Agar konsumsi wisatawan banyak di desa Talun diengkapi wisata memancing dan petik buah, hinga lengkap aspek apa yang dilihat, apa yang dilakukan dan apa yang dibeli.

Kata Kunci: Air Terjun Zigzag, Infrastruktur, Desa Wisata Talun

 


Full Text:

PDF

References


BPS dalam angka Kecamatan Ngebel, 2015

Sarwono, Jonathan. 2006. Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS. Yogyakarta: ANDI.

Azwar, Saifuddin. 1998. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

McIntosh, W., Goeldner, C. R., Ritchie, J. R. B., 1995, Tourism: Principles, Practices, Philosophies, John Wiley & Sons, Inc., New York.

Inskeep, Edward, 1991, Tourism Planning: An Integrated and Sustainable Development Approach, Van Nostrand Reinhold, New York.

Julistiono, E. K & Arifin. L. S. The Sustainable Traditional Structural System Of ‘Tongkonan’ in Celebes, Indonesia. The 2005 World Sustainable Building Conference: 2667-2674. Tokyo: SB05.

Koswara, Arwi Yudhi. 2008, Arahan Pengembangan Infrastruktur Di Pulau Madura Berdasarkan Daya Dukung Wilayah, Proceeding Seminar Nasional Infrastrutur Wilayah dan Kota, Politeknik Negeri Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2716179X.v12i1.5219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung

 

Creative Commons License

Jurnal Penataan Ruang by LPPM ITS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jpr/index.