Bentuk Partisipasi Perempuan Nelayan Terhadap Pemanfaatan Ruang

Titik Poerwati, Agung Witjaksono, Ida Soewarni, Umi Masruroh

Abstract


Dusun Karanggongso mempunyai Pantai Karanggongso dan Pantai Pasir Putih serta terdapat Fish Sanctuary Pasir Putih. Penduduk Dusun Karanggongso mayoritas mata pencahariannya adalah nelayan karena letaknya berdekatan dengan Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk partisipasi perempuan nelayan terhadap pemanfaatan ruang berdasarkan partisipasi yang dilakukan perempuan nelayan dalam ekonomi keluarga di Dusun Karanggongso, Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Untuk pengambilan data menggunakan metode sampling, sedangkan metode analisa yang digunakan adalah Statistik deskriptif dan Pemetaan Perilaku. Hasil pembahasan untuk bentuk partisipasi terhadap pemanfaatan ruang yang dilakukan oleh perempuan nelayan yaitu berupa partisipasi ide, tenaga, ketrampilan, harta benda, sosial.

Full Text:

6 - 11

References


Altman I. 1975. The Environment and Social Behviour. Monterey CA: Wadsworth Handayani, Suci. 2006. Perlibatan Masyarakat Marginal Dalam Perencanaan dan Penganggaran Partisipasi (Cetakan Pertama). Surakarta: Kompip Solo.

Huraerah, Abu. 2008. Pengorganisasian dan Pengembangan Masyarakat, Model dan Strategi Pembangunan. Bandung : Humaniora.

Irwan Abdullah, 1997, “Sangkan Paran Gender ”, (Penerbit: Pustakan Pelajar Offset), Yogyakarta.

Ken Suratiyah. (1991). Wanita, Kerjadan Rumah Tangga: Pengaruh Pembangunan Pertanian terhadap Peranan Wanita Perdesaan di Daerah Istimewa Yogyakarta.Yogyakarta: Pusat Penelitian Kependudukan UGM.

Maryadi, D. 1999. "Partisipasi Masyarakat Dalam Program Pembangunan Prasarana Lingkungan Perumahan Dan Permukiman". Padang.Tesis Pascasarjana Unand.

Prijana, 2005, “ Metode Sampling Terapan ”, (Penerbit: Humaniora), Bandung.

Rapoport, A., 1986. The House and Design of Open Spaces in Urban Neighborhood. In D. Frick (ed).

The Quality of Urban Life, Walter de Gruite& Co, Berlin.

Rapoport, Amos.1977. Human Aspects of Urban Form: Towards A Man-. Enviromental Approach to Urban Form And Design, Pergamon Press:New York.

Sumardjo dan Saharudin, 2003. Metode-metode Partisipatif dalam Pengembangan Masyarakat. Jurusan Ilmu-ilmu Sosial Ekonomi Faperta IPB

Susanto, 1997. Wanita Masa Kini (Pribadi Mempesona Penunjang Kesuksesan). Jakarta: PNRI.

Suyastiri, N. M. 2008. Diversifikasi Konsumsi Pangan Pokok Berbasis Potensi Lokal dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Rumah Tangga Pedesaan Di Kecamatan Semin Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Ekonomi Pembangunan Vol. 13 No 1, April hal 51-60.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2716179X.v13i1.7061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung

 

Creative Commons License

Jurnal Penataan Ruang by LPPM ITS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jpr/index.