Metode Spatial Linear Regression dalam Memprediksi Kualitas Perairan Danau Ranu Grati Kabupaten Pasuruan

Hertiari Idajati, Elok Wuri Safitri

Abstract


Danau Ranu Grati sebagai tempat penampung air dan menopang berbagai kegiatan pemanfaatan di dalamnya seperti budidaya perikanan, penangkapan ikan dan pariwisata, merupakan potensi sumber daya air alami yang ada di Kabupaten Pasuruan. Kegiatan budidaya perikanan keramba yang semakin marak menyebabkan terjadinya penurunan kualitas air di danau tersebut sekaligus menimbulkan kerugian di sektor pariwisata, sektor ekonomi maupun sektor ekologis. Tujuan penelitian ini adalah untuk memprediksi nilai kualitas perairan Danau Ranu Grati di Kabupaten Pasuruan melalui metode statistik spasial untuk melihat kesesuaiannya dengan pemanfaatan kegiatan eksisting. Hasil yang didapat adalah dengan metode Spatial Linear Regression, kualitas perairan danau Ranu Grati masih mendukung kegiatan pemanfaatan Danau Ranu Grati dengan faktor suhu, pH dan Dissolved Oxygen (DO) yang diketahui memiliki pengaruh terhadap model atau rumus fungsi prediksi nilai kualitas perairan. Hasil lain yang didapat adalah Metode Spatial Linear Regression tidak dapat digunakan untuk karakteristik perairan danau yang berupa perairan tertutup dengan arus permukaan dan gelombang air yang statis. 

Full Text:

18-24

References


Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 30 Tahun 2010 tentang Rencana Pengelolaan dan Zona Kawasan Konservasi Perairan

Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 28 Tahun 2009 tentang Daya Tampung Beban Pencemaran Air Danau dan/atau Waduk.

Adjie, S. 2008. Zonasi, karakteristik fisika-kimia air dan jenis-jenis ikan yang tertangkap di Sungai Musi, Sumatera Selatan. Jurnal Ilmu-Ilmu Perairan dan Perikanan Indonesia, Vol.15 No.1, 41-48 hal.

Agustiyani, D. 2004. Proses Terjadinya Penyuburan (Eutrofikasi) dan Dampaknya di Perairan. Manajemen Bioregional Jabodetabek Profil & Strategi Pengelolaan Sungai & Aliran Air. Bogor: LIPI. 97-107 hal

Anselin L. 1988. Spatial Econometrics, Methods and Models. Dordrecht: Academic Publishers.

Effendi, H. 2003. Telaah Kualitas Air bagi Pengelolaan Sumber Daya dan. Lingkungan Perairan. Yogjakarta: Kanisius, 258 hal.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. 2013. Buku Informasi Statistik Pekerjaan Umum (BIS PU) Tahun 2013. Jakarta: Sekretariat Jendral PUSDATIN.

Machbub, Badruddin. 2010. Model Perhitungan Daya Tampung Beban Pencemaran Air Danau dan Waduk. Jurnal Sumber Daya Air, Vol.6 No.2, November 2010: 103-104.

Mulyanto. 2014. Daya Dukung Ranu Grati Untuk Budidaya Ikan Nila Dalam Keramba Jaring Apung Pada Kajian Rehabilitasi dan Konservasi Ranu Grati

Kabupaten Pasuruan 2014. Kabupaten Pasuruan: Dinas Kelautan dan Perikanan.

Pujiastuti, P., Ismail, B., & Pranoto, P. 2013. Kualitas Dan Beban Pencemaran Perairan Waduk Gajah Mungkur. Jurnal Ekosains Universitas Sebelas Maret Surakarta, Vol. 5 No. 1.

Purhadi, P., & Khaulasari, H. 2014. Pemodelan Mixed Geographically Weighted Regression Multivariate Pada Pencemaran Kualitas Air Chemical Oxygen Demand (COD) Dan Biological Oxygen Demand (BOD). Jurnal Sains dan Seni ITS, Vol.3 No.2.

Rahayu, J., Utami, T. W., & Wasono, R. 2016. Pemodelan Kualitas Air di Kawasan Pegunungan Kendeng dengan Pendekatan Ordinary

Kriging dan Geographic Information System (GIS). Jurnal Statistika Universitas Muhammadiyah Semarang, Vol. 4 No.2.

Satari, G. 2000. Pengelolaan dan Pemanfaatan Danau dan Waduk. Dalam Proseding Semiloka Nasional. Bandung: Universitas Padjadjaran.

Soesilo, R. S. 1992. Pengelolaan dan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Perairan Umum Sumatera Selatan. Proceeding TKI, PPU. Jakarta: Puslitbangkan. 62-67, 231 hal.

Ward Michael D., dan Gleditsch Kristian S. 2007. An Introduction to Spatial Regression Model in the Social Sciences. Washington, USA dan Colchester, United Kingdom




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2716179X.v13i1.7063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung

 

Creative Commons License

Jurnal Penataan Ruang by LPPM ITS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jpr/index.