Arahan Peningkatan Keberlanjutan Hutan Kota di Kota Surabaya

Ema Umilia, Hasya Aghnia

Abstract


Hutan Kota Surabaya merupakan salah satu ruang terbuka hijau yang belum sepenuhnya terkoordinir dengan baik dari segi sumber daya vegetasi, komunitas, dan pengelolaannya. Selain itu, luasan dan fungsi hutan kota di surabaya saat ini masih belum sesuai dengan kebutuhan dan Perda No. 15 tahun 2014 tentang Hutan kota. Tahapan penelitian ini diawali hasil content analysis adalah variabel yang berpengaruh yang terbagi dalam 3 faktor yakni sumberdaya vegetasi, komunitas dan pengelolaan. Selanjutnya, dilakukan penilaian tingkat keberlanjutan dengan menggunakan teknik skoring. Kemudian perumusan arahan peningkatan keberlanjutan hutan kota menggunakan analisis deskriptif komparatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hutan kota berkelanjutan tinggi (hutan kota Pakal, hutan kota Balasklumprik, hutan kota Sumurwelut, dan Kebun Binatang Surabaya) berfokus pada strategi koordinasi antar dinas, kerjasama industri hijau dan warga serta peraturan yang tegas. Sedangkan berkelanjutan sedang dan rendah (hutan kota Lempung, hutan kota Sambikerep, hutan kota Gununganyar, hutan kota Jeruk, hutan kota Penjaringan Sari dan hutan kota Prapen) berfokus pada penanaman secara intensif, pendanaan secara kreatif, pembangunan fasilitas dan perekrutan tenaga kerja sesuai dengan luasan hutan kota

Keywords


Berkelanjutan, Hutan Kota, RTH

Full Text:

48-53

References


J. Silas, “Ruang Terbuka Hijau Surabaya menuju Metropolitan yang Cerdas, Manusiawi dan Ekologis”. Surabaya: Badan Perencanaan Pembangunan Kota (2014).

Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya. RPJMD Kota Surabaya 2016-2021 (2016).

Peraturan Pemerintah No. 63 Tahun 2002 tentang Hutan Kota.

Badan Lingkungan Hidup, Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah tahun 2016.

A. Kurniati, “Factors Influencing Urban Heat Island in Surabaya”. Elsavier (2016).

A. Rumiati, “Harapan Masyarakat terhadap Perkembangan Sosok Pemimpin dan Masa Depan Kota Surabaya”, Surabaya: ITS Press (2005).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta (2009).




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2716179X.v13i2.7114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung

 

Creative Commons License

Jurnal Penataan Ruang by LPPM ITS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jpr/index.