Faktor Pengembangan Kawasan Pegaraman (Studi Kasus : Kawasan Pegaraman Kabupaten Pamekasan)

Belinda Ulfa Aulia, Nur Jasilah

Abstract


Kabupaten Pamekasan merupakan salah satu kabupaten penghasil garam terbesar di Jawa Timur. Pada tahun 2016 Kabupaten Pamekasan menjadi kabupaten terbesar kedua dalam menghasikan garam rakyat. Selain itu, tercatat Kabupaten Pamekasan menjadi penghasil garam terbesar ketiga di Jawa Timur namun demikian kawasan tersebut belum dikembangkan dengan baik. Dengan menggunakan metode content analysis input data yang digunakan berupa hasil wawancara indepth interview untuk mengidentifikasi faktor pengembangan kawasan pegaraman secara umum. Content analysis dibantu dengan menggunakan software Nvivo 12.0 yang memiliki fungsi mengidentifikasi faktor apa saja yang berpengaruh dalam pengembangan kawasan pegaraman sehingga didapat hasil faktor pengembangan kawasan pegaraman yang sering disebutkan dalam proses wawancara kepada 3 kelompok stakeholders, yaitu faktor jenis teknologi yang sering digunakan, peran pemerintah, unit pemasaran, saluran air laut, lembaga usaha, ketersediaan jaringan jalan, dan kadar garam dalam air laut.

Keywords


pegaraman, kawasan, komoditas unggulan, wilayah, pengembangan

Full Text:

32-37

References


Purbani, Dini. 2012. “Proses Pembentukan Kristalisasi Garam”. Pusat Riset Wilayah Laut dan Sumberdaya Nonhayati, Badan Riset Kelautan dan Perikanan, Departemen Kelautan dan Perikanan.

Prihantini, Illa Campina. 2016. “Pola Bagi Hasil Usaha Garam Rakyat di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur”. Jurnal Agribisnis Indonesia 4(2). 1-16

Suhelmi, IR , et al. 2013. Garam Madura, Tradisi dan Potensi Usaha Garam Rakyat. Pusat Penelitian dan pengembangan Sumberdaya Laut dan Pesisir, Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta.

http://statistik.kkp.go.id diakses pada tanggal 17 November 2017 pukul 10.00 WIB

Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Jawa Timur.

Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Pamekasan Tahun 2012-2032.

Bungin, Burhan. 2005. “Metode Penelitian Kualitatif”. Jakarta: Bencana, 119.

Hilal, A. H., & Alabri, S. S. 2013. Using Nvivo for Data Analysis in Qualitative Research. Interntional Interdisciplinary Journal of education, 181-186.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2716179X.v14i1.7151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung

 

Creative Commons License

Jurnal Penataan Ruang by LPPM ITS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jpr/index.