Analisis Kinerja Terminal Nilam Dalam Melayani Komoditi Curah Cair Di Pelabuhan Tanjung Perak

Aries Prabowo, Achmad Wicaksono, Ruslin Anwar

Abstract


Terminal Nilam Timur merupakan terminal yang mempunyai peruntukan dalam pelayanan komoditi curah cair di Pelabuhan Tanjung Perak. Meningkatnya arus kunjungan kapal di Terminal Nilam Timur dalam melayani komoditi curah cair (CPO) selama ini belum diimbangi dengan adanya pertumbuhan infrastruktur yang memadai, sehingga mengakibatkan rendahnya kegiatan operasional. Sementara itu jumlah dermaga yang digunakan untuk melakukan kegiatan bongkar muat sangat terbatas, sedangkan dari segi waktu cenderung sangat fluktuatif. Oleh karena itu dibutuhkan adanya analisis untuk mengetahui kinerja operasional Terminal Nilam Timur serta arah perbaikannya. Metode yang digunakan dalam kajian ini yaitu analisis deskriptif kondisi eksisting dengan SK–Dirjen Hubla, metode Important Performance Analysis. Kajian ini menghasilkan kinerja operasional dari segi aspek pelayanan kapal yang dinilai kurang baik pada tahun 2015 adalah ET:BT dan waktu pemanduan. Aspek pelayanan barang selama 4 tahun terakhir pencapaian kinerjanya dinilai kurang baik. Sedangkan aspek pelayanan utilitas fasilitas yang mempunyai nilai kurang baik tahun 2013. Berdasarkan analisis kinerja menurut persepsi pengguna jasa dengan metode IPA didapatkan atribut pelayanan yang memerlukan prioritas utama perbaikan yaitu waktu tunggu kapal untuk antri sandar di dermaga (waiting time berth), jumlah ketersediaan peralatan bongkar muat, produktivitas bongkar muat, kecepatan bongkar sesuai dengan penetapan, panjang/jumlah dermaga, tingkat pemakaian dermaga, ketersediaan tangki penimbunan (Silo), ketersediaan tempat berteduh di Terminal Nilam.


Keywords


kinerja terminal; metode IPA; Standart kinerja

Full Text:

PDF

References


Champion, D. J. (1981), Basic statistics for social researh, New york : Macmllian Publishing Co.

JA. Martila, JC. James (1977), Journal of Marketing.

Kementerian Perhubungan, Ditjen Hubla (2011), Surat Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor : UM.002/38/18/DJPL-11, Tentang Standar Kinerja Pelayanan Operasional Pelabuhan, Jakarta: Kemenhub.

Kementerian Perhubungan, Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak (2012), Kajian Penetapan Standar Kinerja Operasional Pelayanan Jasa Kepelabuhan Tahun Anggaran 2012, Surabaya: Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak.

Krejcie & Morgan (1970), Ditermining sample size for research activities, Educational and Psychological Measurment.

Lasse D. (2012), Manajemen Kepelabuhanan, Jakarta: Nika.

Martinez, Citra Vidya Hartini (2014), Kajian Kinerja Pelayanan Operasional Pelabuhan Tanjung Perak.

Rangkuti, F. (2004). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: Gramedia Pustaka.

Sugiyono (2001), Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta.

Surat Keputusan Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak (2011), Nomor HH.496/01/17/OP.SBA.2011, Tentang Sistem dan Prosedur Pelayanan Kapal dan Barang di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya: OP Tanjung Perak.

Suyono (2005), Shipping, Jakarta: PPMI.

Triatmodjo B. (2010), Perencanaan Pelabuhan, Yogyakarta: Betta Offset.

Triyono Agus (2013), Kajian Kinerja dan Rencana Pengembangan Pelabuhan Umum Gresik.

Uma Sekaran (1992), Research methods for busines, Bandung.

United Nations Conference On Trade and Development (UNCTAD) (1976), Port Performance Indicators, Genewa: United Nation Publication.

Zonarkis H. (2013), Analisis Kinerja Terminal Multipurpose Nilam Timur Tanjung Perak.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j23546026.y2017i5.3122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View my Stat: Click Here

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.