Evaluasi Timbulan Genangan di Catchment Area Sistem Pematusan Rumah Pompa Greges Rayon Genteng Surabaya

Januar Catur Putranto, Mas Agus Mardyanto, Adhi Yuniarto

Abstract


Sistem pematusan dengan luas total 1520 ha yang dilayani oleh Rumah Pompa Greges mempunyai 1 saluran primer yaitu saluran primer Kali Greges. Kali Greges dengan panjang 4-5 km dan lebar 12-22 meter merupakan muara dari 17 saluran sekunder. Selain rumah pompa Greges yang melayani Kali Greges, terdapat 3 rumah pompa lainnya yaitu rumah pompa Dupak Bandarejo melayani saluran sekunder Kali Dupak, rumah pompa Asem Jaya melayani saluran tersier Kali Asem Jaya, serta rumah pompa Tidar di saluran tersier Petemon Kali yang tidak dioperasikan lagi. Variabel studi yang digunakan yaitu kapasitas pompa, debit aliran ke saluran primer, dan debit aliran ke saluran sekunder. Metode yang digunakan yaitu melakukan perhitungan hidrolika untuk mengetahui debit saluran rencana dan debit eksisting. Dilakukan juga perbandingan kapasitas pompa saat ini dan kapasitas awal serta dilakukan analisis terhadap Standard Operating Procedure (SOP) pengoperasian pompa. Hasil evaluasi ini menunjukkan kondisi eksisting 5 segmen saluran sekunder yaitu Kali Tembok Gede, Kali Semarang, Kali Margo Rukun, Kali Demak Timur, dan Kali Dupak tidak mampu melayani debit limpasan air hujan yang disebabkan karena adanya sedimen. Selain itu, juga tidak adanya SOP pengoperasian pompa secara tertulis, yang menyebabkan terjadinya genangan dengan luas total genangan 5,71 ha dengan lama waktu genangan maksimum 240 menit dan tinggi genangan maksimum 40 centimeter pada tanggal 16 April 2016 yang merupakan salah satu genangan terbesar di catchment area sistem pematusan Greges. 


Keywords


Genangan; Kali Greges; Rumah Pompa; Sistem Pematusan

Full Text:

PDF

References


Badan Standarisasi Nasional, “Tata Cara Pengukuran Debit Aliran Sungai dan Saluran Terbuka Menggunakan Alat Ukur Arus dan Penampung. SNI 8066-2015,” Jakarta, 2015.

Dinas Bina Marga dan Pematusan Surabaya, “Surabaya Drainage Masterplan 2018,” Surabaya, 2015.

Badan Pusat Statistik Kota Surabaya. 2015. Laporan Statistik Surabaya Dalam Angka Tahun 2015. Surabaya. Indonesia

Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya. 2015. Laporan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya Tahun 2009-2029. Surabaya. Indonesia

Subarkah Ir. 1980. Hidrologi Untuk Perencanaan Bangunan Air. Ide Dahrma, Bandung. Indonesia.

UPT PSAWS Buntung Peketingan.2015. Laporan Data Curah Hujan Stasiun Kota Surabaya 2000-2015. Surabaya. Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j23546026.y2017i5.3125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View my Stat: Click Here

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.