Implementasi Program Campus Social Responsibility (CSR) ITS pada Masyarakat Di Sekitar Kampus ITS Surabaya

Agnes Tuti Rumiati, Karina Pardinie Tucuan, Dewi Arfianty Azmi

Abstract


Keberadaan ITS memberikan pengharapan besar bagi masyarakat di sekitarnya terutama dalam usaha peningkatan sosial ekonomi. Untuk merealisasikan harapan warga di sekitar kampus, maka ITS bermaksud mengadopsi konsep tanggung jawab sosial perusahaan. Konsep perusahaan yang dikenal dengan corporate social responsibility (CSR) akan disesuaikan oleh ITS menjadi campus social responsibility (CSR). Penelitian ini bertujuan menyusun program CSR ITS, yang dilaksanakan di masyarakat di sekitar Kampus ITS Sukolilo. Kegiatan CSR ITS akan melibatkan dosen dan mahasiswa ITS. Berdasarkan data dan kebijakan-kebijakan yang ada, maka disusun Visi CSR ITS yaitu ITS pioneer kawasan cerdas berteknologi, berwawasan bahari dan lingkungan. Sedangkan misi CSR ITS adalah Menciptakan Kawasan ITS dan Sekitarnya yang Aman, Nyaman dan Tentram; Membangun, Melestarikan dan Menumbuhkembangkan Kawasan Pesisir; Menciptakan Kawasan Cerdas, Berkelanjutan dan Manusiawi. Setelah disusun Visi dan Misi selanjutnya dapat membuat strategi dan roadmap untuk CSR ITS selama 5 tahun

Keywords


roadmap; CSR; analisa SWOT

Full Text:

PDF

References


M. Asif, C. Searcy, A. Zutshi, and O. A. M. Fisscher, “An integrated management systems approach to corporate social responsibility,” J. Clean. Prod., vol. 56, pp. 7–17, Oct. 2013.

M. Weber, “The business case for corporate social responsibility: A company-level measurement approach for CSR,” Eur. Manag. J., vol. 26, no. 4, pp. 247–261, Aug. 2008.

C. Hillenbrand, “Segmenting stakeholder in terms of corporate responsibility,” Implic. Reput. Manag., pp. 99–105, 2009.

M. Porter, M., & Kramer, “Strategy and Society: The Link Between Competitive Advantage and Corporate Social Responsibility,” Hardvard Bus. Rev., 2006.

E. Suharto, “Corporate Social Responsibility: What is and Benefit for Corporate,” in Corporate Social Responsibility: Strategy, Management and Leadership, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j23546026.y2018i1.3340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View my Stat: Click Here

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.