Pemetaan Infrastruktur Dasar dan Lingkungan Masyarakat Di Sekitar Kampus ITS Surabaya

Setiawan Setiawan, Eddy S. Soedjono, Soedarso Soedarso, Jauhara Rana Budiani

Abstract


Aktivitas yang dilakukan oleh ITS sebagai kampus secara langsung maupun tidak langsung akan memberikan dampak bagi masyarakat di sekitarnya baik dari segi ekonomi, sosial, budaya, dan lain-lain. Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat sekitar, maka ITS melakukan kegiatan corporate social responsibility (CSR). Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kebutuhan dan harapan masyarkat serta persoalan infrastruktur dasar dan lingkungan di daerah sekitar lokasi kampus yang nantinya akan digunakan untuk acuan penyusunan roadmap CSR ITS. Metode yang dilakukan adalah survei in depth interview kepada RT/ aparat kelurahan di Kelurahan Gebang, Keputih, dan Kejawan Putih Tambak; FGD; dan analisis menggunakan statistika deskriptif. Berdasarkan hasil survei sarana prasarana yang terdapat di tiga kelurahan sudah memiliki fasilitas umum yang cukup, namun diperlukan perbaikan dan renovasi. Selain itu, terdapat beberapa wilayah kumuh di Keputih dan Kejawan Putih Tambak, di samping itu juga pernah terjadi banjir dan kebakaran di salah satu Kelurahan tersebut. Dari hasil tersebut, maka beberapa usulan program adalah Kampung Tahan Bencana, dan Kampung Berkelanjutan.


Keywords


CSR ITS; Analisis Deskriptif; Program Unggulan; Pemetaan Infrastruktur

Full Text:

PDF

References


W. R. Hudson, R. C. G. (Ralph C. G. . Haas, and W. Uddin, Infrastructure management : integrating design, construction, maintenance, rehabilitation, and renovation. McGraw-Hill, 1997.

M. E. D. I. Suripin, Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan. Yogyakarta: ANDI OFFSET, 2004.

D. CAHYANINGTYAS and DESI, “OPTIMALISASI PELAKSANAAN COMMUNITY DEVELOPMENT DALAM SISTEM MANAJEMEN TERPADU,” Pap. Present. Ind. Eng. RTI 307.14 Cah o, 2014, 2014.

R. Tri Nalarsih, “Analisis Ketersediaan Dan Kapasitas Pemenuhan Infrastruktur Di Kawasan Bisnis Beteng Surakarta,” Universitas Diponegoro.

H. M. Alshuwaikat and I. Abubakar, “An integrated approach to achieving campus sustainability: assessment of the current campus environmental management practices,” J. Clean. Prod., vol. 16, no. 16, pp. 1777–1785, Nov. 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j23546026.y2018i1.3341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View my Stat: Click Here

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.