Analisis Perbandingan antar Moda Distribusi Sapi : Studi Kasus Nusa Tenggara Timur - Jakarta

Tri Achmadi, Silvia Dewi Kumalasari, Hasan Iqbal Nur, Pratiwi Wuryaningrum

Abstract


Daging sapi merupakan komoditi utama daging di Indonesia, salah satu daerah dengan konsumsi daging sapi tertinggi yakni DKI Jakarta. Sehingga dibutuhkan pasokan sapi dari Salah satu daerah pemasok sapi terbesar di Indonesia yakni NTT sebagai sentra produksi untuk pemenuhan permintaan daging sapi DKI Jakarta. Namun kondisi pengiriman sapi dari NTT – Jakarta tidak sesuai dengan animal welfare, sehingga dioperasikan kapal ternak KM camara Nusantara 1 dengan kapasitas 500 sapi, dengan rute NTT – Jakarta dengan tujuan untuk menurunkan harga daging sapi di Jakarta. Dalam pengoperasiannya kapal tersebut pada pengiriman kedua dan ketiga kapal tidak bermuatan dikarenakan pemilik sapi lebih memilih menggunakan pengiriman cara lama. Sehingga perlu dilakukan analisis perbandingan distribusi sapi NTT – Jakarta pengiriman cara lama dengan moda kapal ternak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui moda terpilih pengiriman sapi dari NTT – Jakarta berdasarkan 3 aspek yakni unit biaya pengiriman, waktu pengiriman dari peternakan hingga rumah pemotongan hewan, dan, produksi daging sapi. Serta dari moda terpilih tersebut didapatkan pola operasi yang optimum untuk distribusi sapi NTT – Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode komparasi dan optimasi dengan memperhatikan variabel-variabel yang berpengaruh. Dari penelitian ini didapatkan hasil perbandingan yang paling menguntungkan untuk distribusi sapi NTT – Jakarta untuk pelabuhan asal Tenau Kupang yakni skenario 1 dengan hasil perbandingan total 9 miliar rupiah dan untuk skenario 2 dengan pelabuhan asal Waingapu, hasil perbandingan total 8,9 miliar rupiah, dengan moda terpilih kapal ternak, pola operasi port to port, rute Waingapu – Jakarta

Full Text:

PDF

References


Peternakan deansosekundip, “Sapi Peranakan Ongole,” 2016. [Online]. Available: http://peternakan-deeansosekundip.blogspot.co.id/2012/10/sapi-po-peranakan-ongole.html.

D. Peternakan, “Konsumsi Daging Sapi,” 2015.

“In Animal Welfare Regulation,” 2016.

tempo, “Tak dapat sapi kapal ternak jokowi pulang tangan kosong,” 2016. [Online]. Available: https://bisnis.tempo.co/read/737372/tak-dapat-sapi-kapal-ternak-jokowi-pulang-tangan-kosong.

Ezat, “Divisi pemasaran kapal dan barang,” 2016.

National Animal Welfare Advisory Comitte, “Transpor within New Zealand,” Anim. Welfare., 2011.

S. Kent Barnes, “Managing Shrink and Weighing Conditions in Beef Cattle,” Oklahoma State University, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j23546026.y2018i1.3352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View my Stat: Click Here

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.