Kajian Pengelolaan Boil Off Gas (BOG) dan Pemilihan Mesin Penggerak untuk Kapal LNG Carrier

Dhimas Widhi Handani, I Made Ariana, I Putu Shindu A, Ayudhia Pangestu Gusti

Abstract


Dalam pengoperasian kapal LNG, Boil off gas (BOG) yang dihasilkan dapat ditreatment untuk dirubah kembali menjadi LNG atau dapat dimanfaatkan untuk keperluan bahan bakar pada sistem penggerak utama. Penanganan BOG menjadi sangat penting dikarenakan dapat meningkatkan efisiensi operasional kapal, namun sebaliknya dapat menimbulkan kerugian secara ekonomi jika tidak dilakukan dengan tepat. Paper ini mengkaji penggunaan BOG yang dihasilkan oleh kapal LNG sebagai bahan bakar pada berbagai operasional mode (Full speed, Economical speed, NBO speed, Pilotage, Drifting, Anchorage). Mesin utama kapal yang digunakan pada kajian ini adalah dual fuel diesel engine (DFDE). Tujuan dilakukannya kajian ini untuk mendapatkan operasi kapal yang optimum saat proses penguapan Natural Boiled Off Gas (NBO) serta membandingkan tiga jenis dual fuel engine pada pengoperasian kapal LNG, yaitu DFDE, ME-GI engine dan X-DF engine. Metode yang digunakan pada kajian ini adalah perhitungan daya mesin kapal, perhitungan propeler, engine propeller matching, dan perhitungan konsumsi bahan bakar. Dari hasil kajian didapatkan bahwa kapal LNG yang saat ini dioperasikan mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak dari pada operasi idealnya. Sedangkan dari perbandingan mesin dual fuel, ME-GI memperlihatkan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien

Keywords


Manajemen BOG; LNG Carrier; Dual Fuel Engine; Perbandingan Sistem Propulsi

Full Text:

PDF

References


D. R. CUSDIN, The development of Liquefied Natural Gas Carriers – a marine engineering success. London: The Institute of Marine Engineers, 1998.

GILMORE, R., HATZIGRIGORIS, S., MAVRAKIS, S., SPERTOS, A., VORDONIS, A., “LNG car ier alternative propulsion systems,” SNAME-Greek, 2005.

FERNÁNDEZ, I. A., GÓMEZ, M. R., GÓMEZ, J. R., A. INSUA, A. A.B., “Review of propulsion s ystems on LNG carriers,” Renew. Sustain. Energy Rev., vol. 67, pp. 1395–1411, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j23546026.y2018i1.3354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View my Stat: Click Here

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.