Identifikasi Aktivitas Manajemen Perubahan Organisasi pada Implementasi ERP di PT Perkebunan Nusantara XI Menggunakan Model ADKAR

Achmad Holil Noor Ali, Eko Wahyu Tyas Darmaningrat, Rizki Nugraha Anundra

Abstract


Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan sistem yang kompleks sehingga angka kegagalan dalam proyek implementasinya sangat tinggi. Manajemen perubahan yang kurang baik merupakan salah satu faktor penyebab kegagalannya. PT Perkebunan Nusantara XI (PTPN XI), salah satu perusahaan Badan Umum Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang agribisnis akan mengimplementasikan ERP, sehingga manajemen perubahan yang baik dirasa perlu agar implementasi ERP berjalan sukses. ADKAR merupakan salah satu model manajemen perubahan organisasi akan digunakan sebagai dasar perencanaan strategi manajemen perubahan organisasi di PTPN XI. Pada tahap perencanaan implementasi ERP, manajemen perubahan dapat diinisiasi melalui sebuah strategi yang diwujudkan dengan berbagai aktivitas untuk membangun kesadaran (awareness), menumbuhkan keinginan (desire) serta memberikan pengetahuan (knowledge). Seluruh aktivitas ini didapatkan dari hasil analisis literatur yang disesuaikan dengan kondisi di PTPN XI melalui observasi, wawancara dan diskusi dengan Kepala Divisi TI PTPN XI. Hasil dari penelitian ini berupa kumpulan aktivitas manajemen perubahan yang dipetakan berdasarkan elemen ADKAR dan diurutkan berdasarkan tingkat keefektifannya. Bentuk kumpulan aktivitas tersebut juga digambarkan dalam sebuah roadmap manajemen perubahan organisasi untuk proses implementasi ERP di PTPN XI.


Keywords


ERP; Manajemen Perubahan Organisasi; Model ADKAR; PTPN XI; Strategi

Full Text:

PDF

References


“Lembaga Pendidikan Perkebunan.” [Online]. Available: http://www.lpp.ac.id/ptpn.php?id=206&act=view&ptpn=11.

“PT Perkebunan Nusantara XI: Profil Singkat Perusahaan.” [Online]. Available: http://bumn.go.id/ptpn11/berita/2/Profil.Singkat.Perusahaan.

Winahyu, “Analisis Faktor-Faktor Penentu Keberhasilan Dalam Implementasi Paket Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Perusahaan,” Universitas Diponegoro, 2005.

“Jumlah Perusahaan Pengguna SAP Semakin Bertambah.” [Online]. Available: http://regional.kompas.com/read/2009/07/11/10161798/jumlah.perusahaan.pengguna.sap.semakin.bertambah.

““SAP Best Practices – SAP Help Portal Page.” .

M. H. Martin, “An ERP Strategy,” Fortune, pp. 95–97, 1998.

W. M. U. and P. Newcomb, “Information Systems Transformation: Architecture-Driven Modernization Case Studies,” 2010.

D. M. L. Toruan, “Kesuksesan dan Kegagalan Implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) dan Contoh Studi Kasus PT Semen Gresik dan Fox Meyer,” Institut Pertanian Bogor, 2013.

M. Fiitrah, Faktor-Fakor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Implementasi Enterprise Resource Planning. Depok, 2010.

T. D. J. and M. A. Peiperl, Managing Change: Cases and Concepts. New York, 2002.

“Fakultas-Teknik-Teknik-Industri-Gelar-Kuliah-Tamu-Change-Management-for-ERP-Implementation.” [Online]. Available: http://teknik.ub.ac.id/id/berita4482-Teknik-Industri-Gelar-Kuliah-Tamu-Change-Management-for-ERP-Implementation.htm.

M. P. Prof. Dr. Wibowo, S.E., “Manajemen perubahan.”




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j23546026.y2018i1.3380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View my Stat: Click Here

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.