Fotografi Still-Life untuk Menunjang Produk Daring dengan Memaksimalkan Fungsi Gadget pada Komunitas Woman Online Community Surabaya(WOSCA)

Kartika K. Wardani, Bambang M. Soewito, Hertina Susandari, Senja A. Agustin, Nurina O. Darmawati, Putri Dwitasari

Abstract


Berdagang dengan sistem daring mengalami perkembangan yang pesat sehingga persaingan semakin ketat dan pembeli semakin selektif dalam melakukan transaksi pembelian. Salah satu hal yang penting pada sistem perdagangan seperti ini adalah fotografi produk yang baik. Di sisi lain, saat ini fotografi terlihat menjadi lebih mudah, selain cukup dilakukan dengan ponsel pintar tanpa perlu kamera profesional juga karena adanya aplikasi penyuntingan instan dari ponsel pintar tersebut. Tetapi munculnya standarisasi fotografi oleh market place juga merupakan tantangan tersendiri bagi pedagang daring untuk mengembangkan eksistensi produknya. Standarisasi fotografi tersebut menggunakan fotografi still-life terutama untuk produk yang dapat diletakkan di atas meja seperti makanan, produk pakai seperti bros, syal, aksesoris, dan lain lain. Sehingga perlu pengetahuan dasar bagi pedagang daring untuk membuat foto produk yang baik, seperti: pencahayaan, komposisi, teknik pengambilan gambar, dan lain-lain.

Woman Online Community Surabaya (Wosca) adalah wadah pemberdayaan pedagang bagi wanita berbasis daring yang cukup aktif meningkatkan pengetahuan bagi anggotanya seputar dunia berdagang daring. Berdasar fenomena dan kebutuhan yang diuraikan di atas, maka laboratorium Media Visual Desain Produk Industri ITS mengadakan pelatihan fotografi still-life.

Metode yang dilakukan adalah ceramah, diskusi, praktik dan pembahasan. Dengan mempraktikan pengetahuan baru disertai dengan penggunaan produk dagangan sendiri, peserta pelatihan dapat menampilkan foto produk yang lebih baik.


Keywords


Fotografi; Daring; Table-top

Full Text:

PDF

References


Use the "Insert Citation" button to add citations to this document.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j23546026.y2018i1.3413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View my Stat: Click Here

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.