Proses Katalitik Pirolisis Untuk Cracking Bitumen Dari Asbuton dengan Katalis Zeolit Alam

Susianto Susianto, Yosita Dyah Anindita, Ali Altway, Azka Afuza, Eldira Nindri Wena, Ali Altway

Abstract


Asbuton adalah aspal alam yang terkandung dalam deposit batuan terdapat di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara. Asbuton berpotensi menjadi bahan bakar alternatif. Penelitian tentang pirolisis bitumen menjadi hidrokarbon (heavy oil) sudah mulai dikembangkan, namun belum banyak dilakukan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh temperatur pirolisis terhadap % yield masing – masing produk, mempelajari pengaruh penambahan katalis pada masing-masing temperatur pirolisis terhadap % yield masing – masing produk, mempelajari pengaruh temparatur pirolisis terhadap % yield produk cair dengan dan tanpa katalis. Pirolisis bitumen yang terkandung dalam asbuton dilakukan secara semi-continue dalam reaktor pirolisis pada kondisi vakum dengan variable temperatur pirolisis sebesar 300oC, 350oC, 400oC, 450oC, dan 500oC. sedangkan zeolit klipnotilolit sebagai katalis divariasi sebesar 5%, 7%, dan 9% dari berat feed asbuton. Feed asbuton sebanyak 228 gram dicampur dengan katalis sesuai perbandingan kemudian dimasukan ke dalam reaktor pirolisis. Heater dioperasikan sesuai temperatur yang diinginkan kemudian di vakum dengan menggunakan pompa vakum. Gas yang terbentuk akan dialirkan melalui kondensor yang dijaga temperaturnya pada 25oC. Gas yang terkondensasi (produk cair) akan tertampung dalam erlenmeyer, sedangkan gas yang tidak terkondensasi (produk gas) akan ditampung dalam kantong gas. Kemudian %yield produk masing-masing dianalisa. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pirolisis dapat digunakan untuk cracking bitumen yang terkandung dalam asbuton dengan kondisi terbaik untuk mendapatkan yield produk cair tertinggi sebesar 61.531% diperoleh dalam kondisi temperatur pirolisis 350oC dengan penambahan 9% katalis.


Keywords


asbuton; pirolisis; katalis; bitumen

Full Text:

PDF

References


H. Madziva, K. Kailasapathy, and M. Phillips, “Alginate–pectin microcapsules as a potential for folic acid delivery in foods,” J. Microencapsul., vol. 22, no. 4, pp. 343–351, Jun. 2005.

S. Ma, Y., & Li, “The Pyrolysis, extraction and kinetics of Buton oil sand bitumen,” Fuel Process. Technol., vol. 100, pp. 11–15, 2012.

Litbang P.U., “ASBUTON (Aspal Buton),” 2012. [Online]. Available: http://litbang.pu.go.id/asbuton-aspal-buton.balitbang.pu.go.id.

F. S. Lababidi, H. M. S., Sabti, H. M., & Alhumaidan, “Changes in asphaltenes during thermal cracking of residual oils,” Fuel, vol. 117, pp. 59–67, 2014.

S. R., “Pemanfaatan Zeolit Sintetis Sebagai Alternatif Pengolahan Limbah Industri,” J. Penelit. Ilmu-Ilmu Tek., vol. 10, no. 1, pp. 13–25, 2010.

S. Lee, S, H., Heo H, S., Jeong, K, E., Yim, J, H., Jeon, J, K., Jung, K, Y., Ko, Y, “Catalytic Pyrolisis of Oilsand Bitumen over Nanoporous Catalyst,” J. Nanosci. Nanotechnol., vol. 11, pp. 759–762, 2011.

S. Liu, P., Zhu, M., Zhang, Z., Wan, W., & Yani, “Thermogravimetric Studies of Characteristics and Kinetics of Pyrolysis of Buton Oil Sand,” Energy Procedia, vol. 61, pp. 2741–2744, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j23546026.y2018i1.3426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View my Stat: Click Here

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.