STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA TAMAN KOTA BERDASARKAN TIPOLOGI TOURISM AREA LIFE CYCLE UNTUK MENDUKUNG PROGRAM REVITALISASI DI SUNGAI KALIMAS SURABAYA

Galih Pranata, Wahyu Wicaksono, Alfie Zubaidah, Hertiari Idajati

Abstract


Taman wisata di sepanjang Sungai Kalimas Surabaya merupakan taman yang dibangun untuk merevitalisasi kawasan sungai kalimas yang terdegradasi. Terdapat lima taman hasil program revitalisiasi yang dijadikan sebagai destinasi di kawasan Sungai Kalimas diantaranya Taman Wisata Keputran, Taman Wisata BMX & Skate, Taman Wisata Prestasi, Taman Wisata Ekspresi, dan Taman Wisata Jayengrono. Berdasarkan kriteria Tourism Area Life Cycle (TALC), terdapat dua tipologi tahapan yakni tahap development pada Taman Wisata Prestasi Prestasi, Taman Wisata Ekspresi, dan Taman Wisata Jayengrono serta tahap consolidation pada taman Taman Wisata Keputran, Taman Wisata BMX & SkateAgar seluruh taman wisata tersebut dapat berada pada kondisi yang optimum serta mengantisipasi masuknya taman pada tahap yang menyebabkan degradasi lingkungan, maka penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan wisata taman kota berdasarkan tipologi TALC untuk mendukung program revitalisasi di sungai kalimas dengan metoda analisa SWOT.  Hasil dari penelitian ini adalah untuk taman yang berada pada tahap development, strategi pengembangan cenderung pada pengadaan event rutin agar tetap dapat mendatangkan wisatawan tanpa adanya peremajaan atraksi dan sarana rekreasi karena dianggap masih menarik oleh wisatawan. Sedangkan pada tahap consolidation strategi pengembangan cenderung pada peremajaan dan penambahan atraksi baru untuk menambah daya tarik taman wisata serta pengadaan event untuk mendatangkan wisatawan.


Keywords


Kalimas Surabaya; Strategi Pengembangan; SWOT; Taman Wisata; Tourism Area Life Cycle

Full Text:

PDF

References


Pitana, I. G. (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata. yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Pranata, G. (2018). Strategi Pengembangan Wisata Taman Kota Berdasarkan Siklus Hidup Pariwisata Di Sungai Kalimas Surabaya. surabaya.

Rangkuti, F. (1997). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia Jakarta Utama.

Sasongko, P. D. (2002). Kajian Perubahan Fungsi Taman Kota di Semarang. Semarang.

Surabaya, B. P. P. K. Rencana Penataan dan Revitalisasi Sungai Kalimas (2006).

Surabaya, D. K. dan P. K. Rencana Induk Pariwisata Kota Surabaya tahun 2017-2032 (2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View my Stat: Click Here

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.