PERANAN LITERASI AKUNTANSI BAGI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMAJUKAN PEMBANGUNAN EKONOMI NASIONAL

Budianto Tedjasukmana, P. Julius F. Nagel

Abstract


Suatu negara perlu memperhatikan tingkat kemakmuran bangsanya, sebab dengan demikian maka negara tersebut akan mengalami banyak kemajuan dalam tingkat kesejahteraan masyarakatnya. masyarakat. Dari hal tersebut dapat dikatakan bahwa peranan mencetak wirausaha sangat memiliki potensi untuk dikembangkan. Jadi generasi penerus bangsa perlu dikembangkan Indonesia mempunyai cita-cita dalam mencapai keadilan bagi masyarakatnya, sehingga cita-cita ini harus diterjemahkan dalam visi dan misi yang ada. Dalam banyak tulisan baik dalam surat kabar maupun penelitian, masalah perekonomian sering mendapatkan sorotan. Usaha Kecil Menengah adalah salah satu bentuk upaya pemerintah dalam menciptakan lapangan kerja guna mencapai tingkat kesejahteraan menjadi entrepreneur, yang mana dapat ditempuh melalui jalur pendidikan tinggi, yaitu adanya mata kuliah kewirausahaan. Prestasi wirausahawan tentu perlu disimak pula. Pendidikan kewirausahaan di Indonesia masih kurang memperoleh perhatian yang cukup memadai, baik oleh dunia pendidikan maupun masyarakat. Banyak pendidik yang kurang memperhatikan penumbuhan karakter dan perilaku wirausaha peserta didik, baik di sekolah-sekolah kejuruan, maupun di pendidikan profesional. Orientasi mereka, pada umumnya hanya pada menyiapkan tenaga kerja. Untuk itu, perlu dicari penyelesaiannya, bagaimana pendidikan dapat berperan untuk mengubah manusia menjadi manusia yang memiliki karakter dan atau perilaku wirausaha.Banyak penelitian mengungkapkan bahwa peranan literasi keuangan khususnya akuntansi sangat lemah, padahal pelaporan Untuk pengembangan modal usaha, perluasan produksi tentu membutuhkan dana tambahan, yang dapat diupayakan melalui ekonomi dari hasil usaha adalah mutlak diperlukan. kredit usaha misalnya perbankan. Tentu pengajuan pengembangan usaha ini harus dilampiri laporan akuntansi, sekalipun sangat sederhana, sehingga bisa dipakai oleh para penyalur kredit dalam pengambilan keputusannya.


Keywords


literasi akuntansi; kewirausahaan; pendidikan; pembangunan ekonomi

Full Text:

PDF

References


Arti, Y. (2018). Peran Mahasiswa dalam Pembangunan Ekonomi Bangsa Mahasiswa Berwirausaha. Retrieved June 24, 2018, from https://www.kompasiana.com/yuniarti1207/5b01a5625e1373539107ffd5/peran-mahasiswa-dalam-pembangunan-ekonomi-bangsa-mahasiswa-berwirausaha

Astuti, E. (2007). Pengaruh Karakteristik Internal Perusahaan Terhadap Penyiapan dan Penggunaan Informasi Akuntansi Perusaahaan Kecil dan Menengah di Kabupaten Kudus. Universitas Diponegoro, Semarang.

Ernawati, S., Asyikin, J., Sari, O. (2016). Penerapan Sistem Akuntansi Dasar pada Usaha Kecil Menengah di Kota Banjarmasin. Jurnal Penelitian Ilmi Ekonomi WIGA, 6(2), 81–91.

Kholifah, N., dan Nurtanto, M. (2016). Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Entrepreneurship Untuk Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan: Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (pp. 411–418).

Nagel, P. J. F. (2016). Tantangan Pendidikan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi Pada Era Global. In Capita Selecta Seputar Kewirausahaan (pp. 147–152).

Sukidjo. (2012). Peran Pendidikan Kewirausahaan dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin di Indonesia. Jurnal Economia, 1(8), 33–41.

Wahyudi, M. (2009). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Yogjakarta. Universitas Diponegoro, Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View my Stat: Click Here

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.