DESAIN PRODUK BANLEY (BARCODE SCANNER TROLLEY) TERHADAP FLEKSIBILITAS LAYANAN PEMBELIAN PRODUK

Rausan Fikri Arman, Fauzan Aufa Mahsa Arifin, Muhammad Firdaus Kamal, I Komang Kusuma Putra, Farida Pulansari

Abstract


Berubahnya pola belanja dan tingkat konsumerisme masyarakat dari pasar tradisional ke pasar modern telah memberikan ruang terhadap usaha ritel dewasa ini. Usaha ritel melayani pembelian dalam jumlah kecil maupun besar (grosir) dengan berbagai segmen pasar, strategi pemasaran yang tepat, potongan harga serta tempat berbelanja yang nyaman telah memberikan daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Dengan pola belanja yang berubah maka tidak jarang kita lihat antrian pada kasir di waktu-waktu tertentu. Terkadang masalah lain juga muncul yaitu tidak sesuainya antara produk yang dijual dengan label yang ditempel pada rak. Disisi lain, papan promosi atau diskon juga tidak sesuai, sehingga membingungkan pembeli. Berdasarkan permasalahan tersebut, diciptakanlah BANLEY (Barcode Scanner Trolley). BANLEY merupakan trolley belanja pintar yang dapat mengidentifikasi harga secara langsung, memiliki sensor berat yang bekerja real time serta dilengkapi dengan fitur keterangan produk, harga satuan, total harga yang harus dibayarkan ke kasir dan berat produk secara keseluruhan. Berdasarkan kuesioner yang telah disebar pada 150 responden dengan 3 variabel yang penilaian yaitu keandalan, empati, serta kepuasaan pelanggan, hasilnya valid dan reliabel dengan nilai Cronbach Alpha >0.60.

Keywords


Barcode Scanner Trolley, Ritel, Berat

Full Text:

PDF

References


Aslamia, S. (2015). Robot Pendeteksi Manusia Sebagai Sistem Keamanan Ruangan Menggunakan Sensor Pir Dengan Media Komunikasi XBee Berbasis Arduino Leonardo (Sub Bahasan: Software). Politeknik Negeri Sriwijaya.

Boyes, W. (2009). Instrumentation Reference Book. Oxford: Butterworth-Heinemann.

Indiastuti, R., F. Hastuti, dan Y. A. (2008). Analisis Keberlanjutan Pasar Tradisional dalam Iklim Persaingan Usaha yang Dinamis di Kota Bandung. Sosiohumaniora, 10(2), 17–37.

Jannah, K. M. (2014). Pasar Modern Indonesia Tumbuh 14% dalam 3 Tahun diakses dalam.

Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Mufida, M. K., S. Silfia, T. N. (2016). Virtual Shopping Assistant. Riau Pekanbaru.

Sinaga, P. (2008). Menuju Pasar Yang Berorientasi Pada Perilaku Konsumen. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View my Stat: Click Here

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.