Peran Keluarga Sangat Penting dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak serta Budi Pekerti Anak

Dyah Satya Yoga, Ni Wayan Suarmini, Suto Prabowo

Abstract


Pada tulisan ini diulas bahwa keluarga memiliki peranan penting dalam membentuk karakter seorang anak. Dalam dalam tulisan ditemukan bahwa sebagai suatu sistem sosial terkecil, keluarga menanamkan nilai-nilai moral dalam kepribadian seorang anak. Pada masa pertumbuhan, seorang anak memiliki banyak pertanyaan mengenai hal-hal yang dirasanya baru. Anak memiliki pertanyan-pertanyaan kritis, disinilah dituntut kemampuan komunikasi yang baik yang harus dimiliki oleh setiap orang tua dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh seorang anak. Keluarga sekarang memiliki fungsi yang lebih kompleks yang mencakup fungsi produksi serta konsumsi. Penulisan ini perlu dilakukan agar pembaca dapat memiliki pandangan bagaimana pengaruh keluarga terhadap perkembangan karakter seorang anak. Pada akhirnya dapat dikatakan bahwa keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter seorang anak.


Keywords


perkembangan karakter anak, sosiologi keluarga, psikologi anak.

Full Text:

PDF

References


Armstrong, Thomas. 2005. Setiap anak Cerdas. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Effendi, Suratman, Ali Thalib, Wijaya, Dan B. Chasrul Hadi. 1995. Fungsi Keluarga Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Jambi: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Geertz, Hildred. 1983. Keluarga Jawa. Jakarta: Grafiti Pers.

Goode, William J. 1983. Sosiologi Keluarga. Jakarta: Bina Aksara.

Gunarsa, Singgih D. Menyikapi Periode Kritis Pada anak dan Dampaknya pada profil Kepribadian tahun 2001 dalam Psikologi Perkembangan Pribadi dari bayi sampai lanjut usia. Editor: S.C. Utami Munandar. Jakrta: UI Press. 2001.

Hawadi, Reni Akbar, 2001. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: PT. Grasindo.

Mudjiono, Hermawan, Hisbaron, Noor Sulistyo, dan Sudarmo Ali. 1996. Fungsi Keluarga Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Munandar, Utami. 1983. Emansipasi dan Peran Ganda Wanita Indonesia: Suatu Tinjauan Psikologis, Depok: UI Press.

Murdianto, Utomo, Bambang S. 2003. Modul Mata Kuliah Sosiologi Pedesaan. Bogor: Jurusan Sosial Ekonomi Pertamina, Fakultas Pertanian IPB.

Zurayk, Ma’ruf. 1997. Aku dan Anakku. Bandung: Al-Bayan (Kelompok Penerbit Mizan)




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v8i1.1241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

p-ISSN (1979-5521)  e-ISSN (2443-3527)