KESETIAAN BERBAHASA INDONESIA DIPERTANYAKAN DI ERA GLOBALISASI

Marsudi Marsudi, Siti Zahrok

Abstract


Era globalisasi merupakan tantangan bagi bangsa Indonesia untuk mempertahankan jati diri di pusaran pergaulan antarbangsa yang sangat kompleks. Salah satu hal yang perlu diperha-tikan adalah masalah kesetiaan pemakaian bahasa Indonesia oleh masyarakat. Misalnya, adanya anggapan bahwa bahasa asing lebih modern dan bergengsi sosial yang lebih tinggi. Kesetiaan pemakai bahasa Indonesia terhadap bahasanya telah sampai pada taraf mengkhawatirkan. Banyak masyarakat pemakai bahasa Indonesia tidak sadar bahkan tidak mengetahui jika bahasa yang dipakai atau ditulis adalah salah. Bahkan, banyak masyarakat berpendapat bahwa penyimpangan berbahasa Indonesia yang digunakan adalah bahasa yang benar. Hal ini disebabkan bahasa yang salah tersebut sudah menjadi kebiasaan masyarakat dalam kesehariannya. Dengan kondisi seperti di atas, kesetiaan berbahasa Indonesia harus disosialisasikan, bahkan perlu diadakan gerakan politik bahasa secara nasional. Misalnya, peraturan dan perundang-undangan yang telah diundangkan perlu diikuti sanksi tegas jika terjadi pelanggaran berbahasa Indonesia. Sikap setia dan bahkan bangga berbahasa Indonesia terungkap melalui kesadaran bahwa bahasa Indonesia pun mampu mengungkapkan konsep yang rumit secara cermat dan dapat mengungkapkan isi hati yang sehalus-halusnya. Dengan cara seperti tersebut diharapkan mampu menekan pelanggaran pemakaian bahasa Indonesia.


Keywords


Bahasa Indonesia, Kesetiaan Berbahasa, Bahasa Asing, Era Global

Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan, dkk. 2000. Bahasa Indonesia dalam Era Globalisasi: Pemantapan Peran Bahasa sebagai Sarana Pembangunan Bangsa. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Alwi, Hasan, dkk. 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Chaer, Abdul dan Leoni Agustina. 1995. Sosiolinguistik Perkenalan AwalJakarta: Rineka Cipta. Diunduh 20 Agustus 2015.

Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2014/08/26/271454/Bahasa-Indonesia-Masih-Terpinggirkan. Diunduh 21 Agustus 2015.

http://radiobuku.com/2014/09/bahasa-indonesia-terpinggirkan-di-pusat-perbelanjaan. Diunduh 24 Agustus 2015.

Pusat Pembinaan dan Pengemangan Bahasa. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Setyawati. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v8i1.1245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

p-ISSN (1979-5521)  e-ISSN (2443-3527)