PERSEPSI KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT ASURANSI BINTANG

Richard Tobing, Yohana F. Cahya Palupi Meilani

Abstract


Perusahaan-perusahaan yang mampu bertahan dan menang dalam persaingan adalah perusahaan yang mampu mengelola sumber daya yang dimiliki.Salah satu sumber daya terpenting adalah sumber daya manusia. Faktor ini akan menjadi semakin penting dalam era globalisasi, mengingat bahwa keberhasilan perusahaan tidak lagi hanya ditentukan oleh kemampuan menghasilkan suatu produk atau jasa yang dibutuhkan konsumen, namun sangat dipengaruhi oleh bagaimana perusahaan mampu menyediakan, mengelola, memelihara, serta mengembangkan sumber daya manusia agar dapat mendukung seluruh aktifitas perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja karyawan pada PT Asuransi Bintang.Variabel-variabel yang dipakai dalam penelitian ini adalah kepemimpinan, motivasi dan kinerja karyawan.Pengumpulan data dilakukan dengan judgemental sampling (purposive sample), menyebarkan kuesioner kepada karyawan dan karyawati PT Asuransi Bintang.Data diolah dengan menggunakan analisis regresi.Pengukuran dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 50 responden, yang kemudian diuji reliabilitas, dan validitasnya. Setelah itu baru dilakukan penyebaran kepada 103 responden untuk uji aktual test serta dilakukan analisis yaitu dengan multiple regression dengan menggunakan SPSS versi 15. Dari hasil pengolahan data, disimpulkan bahwa kepemimpinan dan motivasi mempunyai persepsi yang signifikan terhadap kinerja karyawan.Satu kesimpulan yang dapat diambil adalah kepemimpinan dan motivasi bagi karyawan yang mampu menambah gairah atau semangat kerja pada karyawan adalah dengan membangun komunikasi antara atasan dan bawahan secara intim (communication climate).Komunikasi intim antara atasan dan bawahan menciptakan suasana kerja yang nyaman dan turut mendukung pembentukan budaya kerja yang baik.

Keywords


Kepemimpinan, Kinerja Karyawan, Motivasi

Full Text:

PDF

References


Armstrong, Gary. 2013. Philip Kotler, Geoffrey da Silva. Marketing: An Introduction An Asian Perspective. Jurong, Singapore: Pearson Education South Asia Pte Ltd.

Bourne M, Franco M, Wilkes J. 2003.Corporate Performance Management. Jurnal measuring business excellence, Volume 8 issue 4.

Burns, Alvin C. and Ronald F. Bush.2013. Marketing Research, 7th ed. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.

Cascio, Wayne F. 2006.Managing Human Resources: Productivity, Quality of Work Life, Profits, 7thed. New York: McGrawHill.

Davis, Keith & Newstorm, John W. 2004.Perilaku dalam Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Donovan, J.J. 2001. Work motivation. In N. Anderson, D.S. Ones, & H.K. Sinangil (Eds), The Handbook of Industrial, Work, and Organizational Psychology (pp. 53-76). London: Sage Publications.

Gibson, James L. & John M. Ivancevich. 2011.Organizations Behavior,Structure, Processess. 14thed. New York: McGraw-Hill.

Griffin, Ricky W. and Gregory Moorhead. 2013.Organizational Behavior: Managing People and Organizations, 11thed. New York, NY: Hougton Mifflin Company.

Hair, Joseph F. Jr.; Black, William C.; Babin, J.Barry; Andersen, Rolph E. 2009.Multivariate Data Analysis, 7th ed., Pearson.

Hill, Tosi., Caroll, SJ. 2007. Organizational Theory and Management: A Macro Approah. John Wiley and Sons Inc, New York.

Kinicki, Angelo & Robert Kreitner.2011.Organizational Behavior: Key Concepts, Skills and Best Practices, 5thed. New York: McGraw-Hill.

Kouses & Postner.2007.The Leadership Challenge, 4th ed., Jossey-Bass, A Wiley Imprint, San Fransisco, California.

Malhotra, N.K. 2009.Marketing Research: An Applied oriented, 6th ed. Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall, Inc.

Mathis, Robert L.; John H. Jackson; Valentine, Sean.2014. Human Resource Management, 14thed. Cengage Publisher.

Michita Champathes Rodsutti; Fredric William Swierczek. 2002. Leadership and organizational effectiveness in multinational enterprises in southeast Asia. Leadership & Organization Development Journal, Vol. 23 Iss: 5, pp.250 – 259

Muljani, Ninuk.2002.Kompensasi Sebagai Motivator Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan Vol. 4, No. 2, September 2002: 108-122.

Sekaran, Uma. 2013. Research Methods for Business: A Skill-Building Approach, 6thed. New York: John Wiley and Sons.

Siagian, Edison. 2003. Research Methods for Business, 4thed. New York, NY: John Wiley and Sons.

Simanjuntak, Payaman J. 2005.Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI.

Wahyudin, M. & Djumino. A. Analisis Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kesatuan Bangsa Dan Perlindungan Masyarakat Di Kabupaten Wonogiri, 2002.

Wexley, Kenneth N. & Yukl, Garry A., L. A. 2008.Organizational Behavior and Personnel Psychology.Boston : Richard D. Irwin, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v7i1.598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

p-ISSN (1979-5521)  e-ISSN (2443-3527)