PERAN PEMANGKU KEPENTINGAN DALAM REVITALISASI SUNGAI TAWING UNTUK MENGATASI BENCANA BANJIR DI KABUPATEN TRENGGALEK

Windiani Windiani

Abstract


Revitalisasi Sungai Tawing merupakan langkah yang mendesak untuk dilakukan dalam rangka mengatasi bencana banjir dan menunjang kebutuhan sarana  irigasi pertanian. Hingga saat ini, sektor pertanian masih menjadi salah satu andalan mata pencaharian bagi petani di wilayah Trenggalek.  Berdasarkan hasil observasi di lapangan, keberadaan Sungai Tawing sebagai sumber daya air telah mengalami degradasi lingkungan yang mengkawatirkan bagi keberlanjutan sektor pertanian. Selain telah mengalami pendangkalan, beberapa titik lokasi telah beralih fungsi sebagai tempat pembuangan sampah dan digunakan sebagai sarana untuk membuang limbah kotoran ternak milik penduduk setempat. Debit air juga mengalami penurunan drastis pada saat musim kemarau, dan mengalami peluapan saat musim hujan sehingga menimbulkan banjir bandang yang parah di sekitar kawasan sungai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belum optimalnya peran pemangku kepentingan baik dari pemimpin lokal, tokoh  dan masyarakat yang berada di sekitar sungai Tawing  menjadi salah satu kendala dalam pengelolaan lingkungan dan mengatasi banjir di wilayah studi.


Keywords


Peran, Pemangku Kepentingan, Revitalisasi, banjir

Full Text:

PDF

References


Asdak, Chay, 2002, Fenomena Banjir dan Kekurangan Air, Jurnal Ekologi dan Pembangunan, PPSDAL Lemlit Universitas Padjajaran, Bandung.

Darsoprajitno, H.Soewarno, 2002, Genangan dan Kekeringan, Jurnal Ekologi dan Pembangunan, PPSDAL Lemlit Universitas Padjajaran, Bandung.

Maryono, Agus, 2005, Menangani Banjir, Kekeringan dan Lingkungan, Gadjah Mada University Press,Yogyakarta.

Miles, Matthew B., Michael B. Huberman, 1984, Qualitative Data Analysis : A Source of New Methods, Sage Publications, London.

Puji Pujiono, 2005, Konsep Dasar Penanganan Bencana, Modul Pelatihan dalam Disaster Manajemen Training of Trainers 18 Nopember 2005, Probolinggo.

Soedarso, Windiani, 2007, Strategi Adaptasi Masyarakat Jember Terhadap Lingkungan Sekitarnya Pascabencana Banjir 2006, Laporan Penelitian Dosen Muda ITS, Surabaya. Sutikno, Prof. Dr., 2008, Rawan Bencana Minim Pengetahuan Industrialisasi Memperparah, Majalah Al-Falah bulan Februari, Surabaya.

Wahyono, Ary, dkk., 2001, Pemberdayaan Masyarakat, Media Pressindo, Yogyakarta. Windiani, dkk, 2011. Strategi Pengelolaan Limbah Domestik Di Kawasan Sungai Tawing,

laporan Penelitian Dana Lokal ITS.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v6i2.602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

p-ISSN (1979-5521)  e-ISSN (2443-3527)