SISTEM E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN iBT TOEFL (INTERNET BASE TEST OF ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE) MENGGUNAKAN MEDIA VOIP (VOICE OVER INTERNET PROTOCOL)

Muchammad Husni, Endang Susilowati

Abstract


Dengan semakin berkembangnya komunikasi internasional saat ini, seseorang dituntut untuk memiliki kemampuan berkomunikasi dalam bahasa global, diantaranya adalah bahasa Inggris. Salah satu alat untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris adalah dengan menggunakan TOEFL (Test of English as a Foreign Languge). iBT TOEFL ( Internet Base Test TOEFL)  mengukur kemampuan pembelajar untuk memahami, menggunakan dan mengerti bahasa Inggris ditingkat Universitas, disamping itu, test ini juga mengevaluasi seberapa baik pembelajar menggabungkan keterampilan mendengarkan/menyimak (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing) dalam bahasa Inggris. Penelitian ini akan mengembangkan Sistem E-learning untuk pembelajaran (Pelatihan dan Tes) TOEFL menggunakan jaringan intranet yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan TOEFL pembelajar dengan memberikan hasil keluaran berupa kelemahan seseorang dalam menjawab soal-soal tes. iBT TOEFL terdiri atas  4 (empat) bagian tes yaitu Listening, Writting, Reading dan Speaking. Sistem E-learning ini akan disertai dengan soal-soal latihan yang disesuaikan dengan kelemahan kemampuan TOEFL dari pembelajar/pengguna. Dengan demikian diharapkan Sistem E-learning ini dapat membantu pembelajar untuk meningkatkan kemampuan TOEFL sehingga target nilai TOEFL yang diinginkan dapat tercapai. Dalam sistem E-learning ini juga disediakan jalur komunikasi suara antara pembelajar/pengguna dengan penilai (assessor) yang dikembangkan dengan teknologi VoIP untuk membantu pengguna dalam melatih teknik berbicara (speaking) dalam bahasa Inggris.

 


Keywords


sistem e-learning, pembelajaran iBT TOEFL (Internet Base Test of English as a Foreign Language ), VoIP ( Voice over Internet Protocol )

Full Text:

PDF

References


Darin E. Hartley , Selling E-Learning (The Astd E-Learning Series), 2001

Glossary of e-Learning Terms, http:// www.learnframe.com/

Stephen Downes, E-Learning URL:http://www.elearnmag.org/subpage.cfm?section=articles&article=29-1 >

E-Learning Management System

Douglas Pierce, Cracking the TOEFL iBT,

Skandarsyah, M “Dasar-dasar Jaringan VoIP”, IlmuKomputer, 2003.

Tiilikainen Petter, “SIP (RFC 2543) An Implementation for Marratech Pro” Marratech, 2000.

ATutor homepage http://www.atutor.ca. ATutor Learning Content Management System. 2008

Rosenberg,dkk.2002.RFC3261 SIP (Session Initiation Protocol). http://www.ietf.org/rfc/rfc3261.txt diakses terakhir pada 9 Juli 2011.

Unuth, Nadeem. Quality of Service - QoS and VoIP.http://voip.about.com/od/voipbasics/a/qos.htm [diakses pada 10 Juli 2011].

Anonim.2007.Understanding the Flex Application startup event order. http://www.wietseveenstra.nl/blog/2007/02/understanding-the-flex-application-startup- event-order/ [diakses pada 12 Mei 2011].




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v4i2.634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

p-ISSN (1979-5521)  e-ISSN (2443-3527)