ASESMEN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA

Siti Zahrok

Abstract


Asesmen autentik adalah suatu penilaian belajar yang merujuk pada situasi atau konteks dunia “nyata” yang memerlukan berbagai macam pendekatan untuk memecahkan masalah yang memberikan kemungkinan bahwa satu masalah bisa mempunyai lebih dari satu macam pemecahan. Dengan kata lain, asesmen autentik memonitor dan mengukur kemampuan siswa dalam bermacam-macam kemungkinan pemecahan masalah yang dihadapi dalam situasi atau konteks dunia nyata.

Asesmen autentik meliputi asesmen kinerja (Performance Assessment), asesmen portofolio (Portfolio Assesment), dan asesmen diri siswa (Student Self Assessment). Asesmen kinerja dikembangkan untuk menilai kemampuan siswa dalam mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilannya pada berbagai situasi nyata dan konteks tertentu. Asesmen  portofolio merupakan salah satu cara penilaian terhadap  kinerja dan hasil kerja, sehingga segala aktivitas yang dilakukan bisa dihargai dengan nilai. Asesmen diri siswa dapat meningkatkan keterlibatan siswa langsung dalam pembelajaran dan mengintegrasikan kemampuan kognitif dengan motivasi dan sikap terhadap pembelajaran.


Keywords


Asesmen autentik, konsep dasar, dan jenis asesmen autentik

Full Text:

PDF

References


Burhan Nurgiyantoro. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa Indonesia.

Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Depdiknas. (2003). Assesmen Autentik, Materi Pelatihan Terintegrasi Kompetensi

Guru Mata Pelajaran Biologi. Jakarta: Dikdasmen.

Feuer, M. J., dan K. Fulton. 1993. The many faces of performance assessment.

Phi Delta Kappan 74 (6): 478

Herman, J.L., P.R. Aschbacher, dan L. Winters. 1992. A Practical Guide to

Alternative Assessment. Alexandria, Va.: Association for Supervision and

Curriculum Development.

Hibbard, M. (1995). Performance Assessment in the Science Classroom. New

York: The McGraw-Hill Companies.

Johnson, D.W.& Johnson. R.T.2002. Meaningful Assessment. Boston: Allyn and

Bacon.

O’ Malley, J.M. dan Valdes Pierce, L. 1996. Authentic Assessment for English

Language Learner: Practical Approaches for Teachers. USA: Addison-

Wesley Publishing Company, Inc.

Rusijono dan Bambang Yulianto.2008. Asesmen Pembelajaran: Bahan Pelatihan

Program Continue Education bagi Guru SD di Lingkungan Dinas

Kota Surabaya Tahun 2008. Surabaya:Universitas Negeri Surabaya.

Stiggins, R. J. 1991. Facing the challenges of a new era of educational

assessment. Applied Measurement in Education 4 (4): 263- 272

Yulianto, Bambang.2005. Pembelajaran Kontektual dalam Mata Kuliah Bahasa

Indonesia Keilmuan. Makalah Disampaikan pada Seminar Bahasa

Indonesia Keilmuan di ITS Tanggal 28 Juli 2005, Surabaya: MKU ITS.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v2i2.660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

p-ISSN (1979-5521)  e-ISSN (2443-3527)