KAJIAN KONSEP SUSTANIBLE FARMING DALAM PEMBANGUNAN SEKTOR PERTANIAN

Endang Sudarsih

Abstract


Pembangunan sektor pertanian masih relevankah menjadi prioritas pembangunan Indonesia di era globalisasi ekonomi saat ini, merupakan sebuah tantangan besar. Mengingat sebagian besar masyarakat kita adalah bertani dan menggantungkan hidup dari olahan hasil pertanian, maka pembangunan sektor pertanian adalah suatu keharusan. Konsep Bertani Secara Berkesinambungan (Sustainable Farming) menawarkan model bertani yang dapat meningkatkan produktivitas hasil pertanian, sehingga dapat mengurangi ketergantungan impor, terutama beras.


Keywords


sustainable farming; inovasi; teknologi

Full Text:

PDF

References


Arfian, Muhammad dan Arman Wijonarko, 2000, Kondisi dan Tantangan ke Depan Sub Sektor Tanaman Pangan di Indonesia, Proceeding of the Fourth Symposium on Agri-Bioche.

Arsyad, Licolin, 1996, Ekonomi Pembangunan, Yogyakarta: Penerbit STIE YKPN

Chenery, H.B. Industrialisasi dan Pertumbuhan Ekonomi: Pandangan Alternatif Atas Asia Timur. Dalam helen Hughes (ed.), 1992, Keberhasilan Industrialisasi di Asia Timur, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Chenery, H.B, Robinson, S dan Syrquin, Moises. 1996. Industrialization and Growth A Comparative Study, Oxford University Press untuk Bank Dunia.

Kuncoro, Mudrajat, 2004, Ekonomi Pembangunan, Jakarta

Tambunan, Tulus T.H, 2001, Industrialisasi di Negara Sedang Berkembang: Kasus Indonesia, Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.

Todaro, Michael P, 1998, Pembangunan Ekonomi Di Dunia Ketiga, Jakarta: Penerbit Erlangga

Riedel, James. Pembangunan Ekonomi di Asia Timur. Dalam Helen Hughes (ed.), 1992, Keberhasilan Industrialisasi di Asia Timur, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Simatupang, Pantjar dan Niswar Syafa’at, 2000, “ Strategi Pembangunan Ekonomi Nasional Industrialisasi Berbasis Pertanian.”. Makalah dalam Konggres XIV ISEI, 21-23 April 2000, Makassar.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v1i2.676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

p-ISSN (1979-5521)  e-ISSN (2443-3527)