Disain Fasilitas Sisi Udara dan Operasional Bandar Udara Jenderal Besar Soedirman, Purbalingga

Muhammad Yuanto Permana, Ervina Ahyudanari

Abstract


PT. Angkasa Pura II akan membangun Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga dengan kelas bandara III C, menggunakan lahan yang dimiliki oleh TNI AU di Wirasaba, Kab. Purbalingga. Adanya pembangunan bandara ini perlu dilengkapi dengan studi detil disain fasilitas sisi udara yang meliputi runway, taxiway, dan apron. Pada disain fasilitas sisi udara pada Bandara Jenderal Besar Soedirman ini dilakukan pengumpulan data penumpang dari proyeksi pengguna moda transportasi kereta eksekutif pada Stasiun Purwokerto. Dari hasil analisis yang dilakukan, didapatkan jumlah penumpang per-hari. Pesawat rencana untuk disain ini adalah pesawat ATR 72-600, dengan kapasitas 68 orang penumpang. Setelah itu dilakukan perhitungan kapasitas runway didapatkan bahwa dibutuhkan single runway untuk melayani pergerakan pesawat pada Bandara Jenderal Besar Soedirman. Disain fasilitas sisi udara ini juga memperhitungkan kawasan keselamatan operasional penerbangannya, agar dapat dilakukan disain pengembangan terhadap bandara ini. Mengingat bandara yang sudah ada sebelumnya yaitu Bandara Tunggul Wulung Cilacap tidak memungkinkan dilakukannya pengembangan karena terdapat cerobong asap pembangkit listrik tenaga uap yang menjulang, sehingga Bandara Jenderal Besar Soedirman ini yang nantinya akan terus dikembangkan

Keywords


fasilitas sisi udara; operasional bandara; runway; taxiway; apron; bandara jenderal besar soedirman; purbalingga; wirasaba

Full Text:

PDF

References


Republik Indonesia, “Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor: KP 160 Tahun 2017,” 2017. [Online]. Available: http://jdih.dephub.go.id/produk_hukum/view/UzFBZ01UWXdJRlJCU0ZWT0lESXdNVGM9. [Accessed: 20-Mar-2019].

M. Rodiyani, “., Karakteristik Statik, Sinamik dan Resitivitas Karakteristik Statik, Dinamik dan Resistivitas Analisis Potensi Pengoperasian Banda Udara Notohadinegoro,” Surabaya, 2015.

M. Y. Permana, “Perencanaan Fasilitas Sisi Udara dan Operasional Bandar Udara Jenderal Besar Soedirman,” Surabaya, 2018.

tiket2.com, “Tipe Pesawat Yang Dipakai Oleh Maskapai Penerbangan Indonesia » Tiket2 Indonesia.” [Online]. Available: https://www.tiket2.com/blog/tipe-pesawat-yang-dipakai-oleh-maskapai-penerbangan-indonesia/. [Accessed: 20-Mar-2019].

D. J. P. Udara, Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor: SKEP/77/VI/2005 tentang Persyaratan Teknis Pengoperasian Fasilitas Teknik Bandar Udara. 2005.

C. Aviation Authority of New Zealand, “ICAO - International Standards - Aerodromes - Annex 14 Vol 1 Amendment 11.”

HERU BASUKI, Buku Merancang, Merencana Lapangan terbang Oleh Ir Heru Basuki. 1986.

ATRaircraft, “;http://www.atraircraft.com/datas/download_center/27/fiche72_27.pdf,” 2017. [Online]. Available: http://www.atraircraft.com/datas/download_center/27/fiche72_27.pdf.

BAPPEDA Kab. Purbalingga, “Pola Pergerakkan Penumpang Kabupaten Purbalingga,” 2014.

F. Airport Engineering Division, “AC 150/5320-6E, Airport Pavement Design and Evaluations, 30 September 2009,” 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j26226847.v1i2.5030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats