Pengendalian Pemanfaatan Ruang Terhadap Kinerja Jalan di Koridor Jalan Raya Ki Ageng Gribig Kota Malang

Oktatetavino Yusufi Putra, Sardjito Sardjito

Abstract


Jalan Raya Ki Ageng Gribig merupakan salah satu kawasan dengan lalu lintas yang cukup tinggi karena digunakan sebagai salah satu tumpuan utama lalu lintas dan merupakan jalur dari jalan lingkar timur, serta akses utama menuju tol Malang-Pandaan. Maka dapat disimpulkan bahwa di wilayah penelitian memiliki nilai lokasi dan nilai lahan yang tinggi karena aksesibilitas yang juga tinggi. Hal tersebut memicu adanya perubahan pemanfaatan ruang menjadi kegiatan komersil yang memiliki angka bangkitan tinggi sehingga berpotensi menurunkan kinerja jalan tersebut. Tingginya bangkitan juga menimbulkan volume lalu lintas yang meningkat sehingga menyebabkan adanya kepadatan lalu lintas. Apabila kepadatan lalu lintas dan penurunan kinerja jalan di Jalan Raya Ki Ageng Gribig terjadi maka masalah kelancaran lalu lintas akan timbul dengan sendirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengendalikan pemanfaatan ruang terhadap kinerja jalan di koridor Jalan Raya Ki Ageng Gribig Kota Malang. Dalam mencapai tujuan penelitian maka dilakukan empat tahapan, menganalisis tingkat pelayanan jalan, menganalisis bangkitan lalu lintas dari penggunaan lahan, menganalisis pengaruh bangkitan lalu lintas dari penggunaan lahan terhadap tingkat pelayanan jalan, serta menentukan arahan pengendalian pemanfaatan ruang terhadap kinerja jalan di koridor Jalan Raya Ki Ageng Gribig Kota Malang menggunakan simulasi dan komparasi Peraturan Zonasi. Berdasarkan hasil analisis, pengaruh bangkitan lalu lintas dari penggunaan lahan terhadap kinerja jalan pada segmen 1 memiliki intensitas pengaruh sebesar 0,91 smp/jam. Angka intensitas tersebut melebihi batas maksimal yaitu 0,9, sehingga pada segmen 1 dilakukan simulasi dengan merubah kegiatan yang tidak diizinkan dan tanah kosong menjadi kegiatan yang diizinkan dengan tujuan dapat menurunkan angka intensitasnya. Sedangkan pengaruh bangkitan lalu lintas dari penggunaan lahan terhadap kinerja jalan pada segmen 2 memiliki intensitas pengaruh sebesar 0,57 smp/jam (bagian kiri jalan/barat) dan 0,52 smp/jam (bagian kanan jalan/timur). Sehingga tanah kosong dan perumahan pada segmen 2 dapat dirubah dan dikembangkan menjadi kegiatan perdagangan dan jasa yang diizinkan.

Keywords


bangkitan lalu lintas; kinerja jalan; pengendalian pemanfaatan ruang; tingkat pelayanan jalan

Full Text:

PDF

References


C. S. T. K. C. S. T. Kansil;, “Disiplin berlalu lintas di jalan raya,” 1995.

B. Kusbiantoro, “Peran Transportasi terhadap Perkembangan dan Pertumbuhan Kota,” in Makalah Seminar Nasional Transportasi HMS FTUNDIP, 2004, pp. 1–10.

O. Z. Tamin, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, 2nd ed. Bandung: Institut Teknologi Bandung, 2000.

N. Nasution, Manajemen Transportasi. Ghalia Indonesia, 2004.

T. Wicaksono, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Pemanfaatan Perumahan Untuk Tujuan Komersil di Kawasan Tologosari Kulon Semarang,” Semarang, 2011.

Bappeda Kota Malang, “Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Malang Tahun 2010-2030,” Malang, 2010.

Bappeda Kota Malang, “Rencana Induk Jaringan Jalan Tahun 2012,” Malang, 2012.

Badan Pusat Stastistik Kota Malang, “Kota Malang Dalam Angka 2017,” 2017. [Online]. Available: https://malangkota.bps.go.id/publication/2017/08/12/af218a8b74d037b3f9d87c85/kota-malang-dalam-angka-2017. [Accessed: 22-Mar-2019].

Japan International Coorperation Agency, “Traffic Survey Technical Report No. 4,” Jakarta, 1987.

Direktorat Jendral Bina Marga, “Manual Kapasitas Jalan Indonesia MKJI,” 1997. [Online]. Available: https://docs.google.com/file/d/0BxyPMnah6E_AZDZmMGMyNTEtYjljOS00Yjc3LWI0MTEtZTRkOGQ3YjlhMjVj/view. [Accessed: 22-Mar-2019].




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j26226847.v2i2.5038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats