Aplikasi Transformasi Wavelet Pada Prapengolahan Sinyal Suara

Nurul Hidayat

Abstract


Salah satu faktor penting didalam membangun sebuah sistem pengiden- tifikasi suara adalah proses prapengolahan data primer dari sinyal suara yang akan diidentifikasi. Prapengolahan sinyal diperlukan untuk mendap- atkan besaran yang mengandung informasi berupa pola atau karakteristik dari sinyal itu. Metode estimasi trispektrum merupakan salah satu metode yang bisa digunakan untuk mendapatkan karakteristik suara berdasarkan analisis spektrum orde 4 (quadruple correlation) dari magnitudo dan fase sinyal suara.

Pola atau karakteristik dari sinyal akan berubah dari aslinya jika sinyal suara tersebut mengandung noise. Semakin besar noise yang dikandungnya, semakin besar pula perubahan polanya. Oleh sebab itu, diperlukan suatu metode untuk menghilangkan kandungan noise yang terdapat pada sinyal sebelum sinyal tersebut diestimasi, agar pola sinyal aslinya bisa didapatkan kembali. Pada makalah ini dibahas aplikasi transformasi wavelet untuk pros- es denoising (penghilangan noise), sebagai bagian dari prapengolahan data primer.

Dari ujicoba terhadap sinyal suara kata “atas”, “bawah”, “kanan”, “kiri”, “maju”, “mundur”, “naik”, “turun”, “buka”, “tutup” yang di- rekam menggunakan Personal Computer yang dilengkapi dengan Microphone dan perangkat lunak Goldwave, kemudian masing-masing ditambahi noise Gaussian dengan SNR (Signal to Noise Ratio) 1, 2, 4, dan 7 dB, aplikasi transformasi wavelet untuk proses denoising berhasil dengan baik, walaupun secara kuantitatif tidak bisa menghilangkan noise 100%, akan tetapi secara kualitatif menghasilkan sinyal suara yang (hampir) sama dengan sinyal aslinya.


Keywords


sinyal suara; estimasi trispektrum; magnitudo; fase; noise Gaussian; transformasi wavelet.

Full Text:

PDF

References


Fanany, Mohamad I. (1998), Bispectrum Pattern Analysis and Quantization to Speaker Identification, Thesis, Prog. Studi Il Komputer UI.

Chui, Charles K., (1997), “Wavelets: A Mathematical Tool for Signal Process- ing”, SIAM, Philadelphia.

Daubechies, Ingrid, (1992), “Ten Lectures on Wavelets”, Society for Industrial and Applied Mathematics, Philadelphia.

Mendel, Jerry M. (March 1991), “Tutorial on Higher Order Statistics (Spec- tra)”, in Signal Processing and System Theory: Theoritical Results and Some Applications, Proceedings of The IEEE Vol 79 No. 3.

Nikias, Chrysostomos L. (July 1987), “Bispectrum Estimation : A Digital Signal Processing Framework”, Proc. of The IEEE Vol. 75 No. 7.

Nikias, Chrysostomos L, and Petropuou, Athina P. (1993), “Higher-Order Spectra Analysis : A Nonlinier Signal Processing Framework”, Prentice-Hall Inc., International Editions.

Owens, F.J. (1993), “Signal Processing of Speech”, The Macmillan Press, Ltd.

Tou, Julius T., and Gonzales, Rafael C. (1974), “Pattern Recognition Princi- ples”, Addison-Wesley Publishing Company.

noname. (Sept 1997), “Speaker Recognition: A Tutorial”, Proceeding of the IEEE, Vol. 85, No.9.

Hadi, Rahman, “Implementasi Transformasi Wavelet Diskrit Ortonormal untuk Penghalusan Data”, Skripsi, 2002.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j1829605X.v1i2.1358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:

Creative Commons License
Limits: Journal Mathematics and its Aplications by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/limits.