Analisis dan Perancangan Sistem Pengendali pada Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Uap dengan Pengendali Robust Melalui Optimasi H

Mardlijah Mardlijah, Aris Dian Permata

Abstract


Naik turunnya kebutuhan konsumen terhadap energi listrik berpengaruh pada frekuensi sistem pembangkit listrik. Hal ini menyebabkan sistem pengendali pada sistem pembangkit tersebut harus mengatur kembali parameter pengendalinya guna mempertahankan kestabilan sistem. Sehingga untuk
lebih memperbaiki performansi sistem pembangkit listrik digunakan sistem pengendali optimal.

Pada penelitian ini dirancang sebuah sistem pengendali yang robust melalui optimasi yang diimplementasikan pada sistem pembangkit listrik tenaga uap dengan reheat steam turbine. Dari hasil simulasi yang dilakukan, overshoot sistem pengendali yang dirancang lebih kecil hingga 29; 1667% dibandingkan sistem dengan gangguan dan waktu yang diperlukan untuk
mencapai titik kestabilan lebih cepat hingga 21; 3043%. Sistem pengendali yang dirancang memiliki sensitivitas yang lebih kecil hingga 30; 0678%. Sehingga sistem pengendali yang dirancang dapat dikatakan memiliki kestabilan dan performansi yang robust melalui optimasi H1.


Keywords


Sistem PLTU dengan Reheat Steam Turbine; Pengendali Robust; Optimasi H

Full Text:

PDF

References


Green, Michael, and David J. N. Limebeer, 1996, Linear robust Control, Prentice Hall International Inc., USA.

Kreyzig, Erwin, 1978, Introductory Functional Analysis with Application, John Wiley and Sons, Inc., Canada.

Kundur, Prabha S., M. Zwyno, M. Klieng, GJ. Rongers, 1989, Application of Power System Stabilizers for Enhancement of Overall System Stability, Mc Graw-Hill Inc., USA.

Ogata, Katsuhito, 1984, Modern Control Engineering, Prentice Hall, USA.

Olsder, G. J., prof. dr. and dr. J. W. van der Woude, 1994, Mathematical System Theory, delftse Uitgevers Maatschappij b.v., Netherlands.

Permata, Aris Dian, 2007, Pemodelan Matematika dan Analisis Sifat-Sifat Sistem Pembangkit Listrik di PT Pembangkitan Jawa-Bali (PT PJB) Unit Pembangkitan Gresik, Kerja Praktek, Matematika, ITS, Surabaya.

Rijanto, Estiko, 2000, robust Control Theory for Application, ITB Press, Bandung.

Setiabudi, Andri, 1998, Perancangan Sistem Pengendali Moisture Pada Mesin Kertas Dengan Metode Kontrol robust , Tugas Akhir, Teknik Fisika, ITS, Surabaya.

Tamaela, Gysber Jan, 1993, Analisis Dan Perancangan Sistem Pengendalian Tekanan Pada Deaerator Secara robust Melalui Optimasi , Tugas Akhir, Matematika, ITS, Surabaya.

Zhou, Kemin, and John C. Doyle, 1997, Essentials of robust Control, Prentice Hall, USA.

NN, Robust Control Toolbox, Matlab 7.0, The Mathworks Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j1829605X.v4i1.1407

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:

Creative Commons License
Limits: Journal Mathematics and its Aplications by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/limits.