REGISTRASI CITRA PADA DOMAIN FREKUENSI MENGGUNAKAN METODE POWER CEPSTRUM

Kartika Mahanani, Suhud Wahyudi, Budi Setiyono, Imam Mukhlash

Abstract


Penyampaian informasi dapat dilakukan melalui gambar. Gambar atau bisa disebut citra dapat kehilangan informasi yang terkandung didalamnya jika citra tersebut berkualitas buruk, seperti buram, berbintik, ataupun gelap. Sehingga diperlukan suatu teknik yang dapat mengubah kualitas citra menjadi lebih baik dari sebelumnya dan salah satu teknik yang dapat digunakan adalah teknik Super Resolusi.

Teknik Super Resolusi merupakan teknik yang digunakan untuk membangun citra beresolusi lebih tinggi dari kumpulan citra yang beresolusi lebih rendah. Dalam teknik ini terdapat dua langkah utama yaitu registrasi dan rekonstruksi. Registrasi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh nilai pergeseran diantara dua citra yang memiliki pergeseran diantaranya. Registrasi Citra dilakukan pada domain frekuensi dengan menggunakan Transformasi Fourier, yaitu nilai matriks dari citra yang sebelumnya berada pada domain spasial diubah ke domain frekuensi.

Pada Tugas Akhir ini digunakan metode Power Cepstrum untuk menyelesaikan permasalahan Registrasi Citra. Cepstrum merupakan hasil perolehan logaritma spektrum suatu sinyal yang ditransformasikan dengan menggunakan Transformasi Fourier. Power Cepstrum digunakan untuk mendapatkan besar pergeseran diantara kedua citra. Pada permasalahan satu dimensi, Power Cepstrum dari fungsi waktu adalah power spectrum dari logaritma dari power spectrum fungsi tersebut. Pada permasalahan dua dimensi, fungsinya diubah menjadi fungsi intensitas citra.

Dari uji coba yang telah dilakukan, tampak bahwa perangkat lunak Registrasi Citra menggunakan metode Power Cepstrum mampu mendeteksi pergeseran pada level piksel dengan nilai pergeseran maksimum sebesar 30 piksel.


Keywords


registrasi citra; power cepstrum; transformasi fourier; domain frekuensi

Full Text:

PDF

References


Basuki, A. Palandi, JF. Fatchurrochman. 2005. “Pengolahan Citra Digital Menggunakan Visual Basic”. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Fadlisyah. 2007. “Computer Vision dan Pengolahan Citra”. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Gonzales, RC. Woods, RE. 2002. “Digital Image Processing”. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Jain, A.K. 1995. “Fundamentals of Digital Image Processing”. Englewood Cliffs, J., U.S.A: Prentice Hall, Inc.

Lee, D.J. 1987. “Image Registration Using Power Spectrum and Cepstrum Technique”. Thesis. Electrical Engineering, Texas Tech University.

Lee, D.J. Krile, T.F. Mitra, S. 1988. “Power Cepstrum and Spectrum Technique Applied to Image Registration”. Jurnal. Applied Optics, Optical Society of America.

Lee, D.J. Zhan, P. Thomas, A. Schoenberger, R. 2004. “Shape-based Human Detection for Threat Assesment”. Orlando, Florida, USA. SPIE International Symposium on Defense and Security. Visual Information Processing XIII. Vol 5438. Hal 81-91.

Lehman, TM. Goerke, C. Kaupp, A. Schmitt, W. Repges, R. 1996. “A Rotation – extended CepstrumTechnique and Its Application to Medical Images. Jurnal. Pattern

Muchlisuddin. 2009. “Teknik High Accuracy Image Registration Menggunakan Fungsi Phase Only Correlation” Tugas Akhir, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Munir, Rinaldi. 2004. “Pengolahan Citra Digital dengan Pendekatan Algoritmik”. Diktat Kuliah Departemen Teknik Informatika ITB. Bandung.

Wijaya, AY. Arifin, AZ. Purwitasari, D. 2010. “Algoritma Pemutusan Rantai Iteratif pada Registrasi Citra dengan Menggunakan Pseudo-polar Fourier Transform”. Paper, Jurusan Teknik Informatika ITS Surabaya.

Zitova, B. Flusser, J. 2003. “Image Registration Methods: a survey”. Jurnal. Czech Republic ELSEVIER. Hal 977-1000.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j1829605X.v9i1.2121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:

Creative Commons License
Limits: Journal Mathematics and its Aplications by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/limits.