PENGGUNAAN PENYELESAIAN PERSAMAAN ALJABAR RICCATI WAKTU DISKRIT PADA KENDALI OPTIMAL LINIER KUADRATIK

Dita Marsa Yuanita, Soleha Soleha

Abstract


Permasalahan kendali optimal linier kuadratik adalah mendapatkan aturan kendali optimal 𝒖(𝒕) dengan mendapatkan penyelesaian Persamaan Aljabar Riccati Waktu Diskrit (PRAWD) 𝑷(𝒕) yang definit positif dan matriks gain umpan balik 𝑲(𝒕). Untuk proses kendali berhingga, matriks-matriks 𝑷(𝒕) dan 𝑲(𝒕) adalah varian waktu. Akan tetapi, jika proses tersebut tidak berhingga maka matriks tersebut menjadi matriks konstan 𝑷 dan 𝑲. Untuk mendapatkan penyelesaian kendali optimal steady state, diperlukan suatu penyelesaian PRAWD steady state. Penyelesaian PRAWD steady state didapat dengan membalik waktu dari PRAWD non steady state. Pendiskritan juga diperlukan untuk menyelesaikan kendali optimal waktu diskrit apabila diberikan sistem waktu kontinu dengan indeks performansi kontinu, contoh kasus adalah sistem servo dengan plant pendulum terbalik. Analisis pada PRAWD menunjukkan sifat invariant dari PRAWD jika matriks pemberat indeks performansi diganti. Perlu diketahui juga bahwa PRAWD memiliki penyelesaian minimum yang unik.

Keywords


Kendali optimal linier kuadratik; Pendulum terbalik; Persamaan Aljabar Riccati waktu diskrit; Penyelesaian persamaan Aljabar Riccati waktu diskrit; Sistem servo

Full Text:

PDF

References


Bellon, J. (2008) "Riccati Equations in Optimal Control Theory". Mathematics Theses, Georgia State University.

Clements, D. J., Wimmer, H.K. (2003). “Existence and Uniqueness of Unmixed Solutions of the Discrete-time Algebraic Riccati Equations”. Systems and Control Letters, Vol. 50, Hal 343-340.

Ogata, K. (1995). “Discrete-Time Control System”. Prentice-Hall International, London.

Subiono. (2010). “Matematika Sistem”. Jurusan Matematika, FMIPA ITS.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/limits.v12i1.2295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:

Creative Commons License
Limits: Journal Mathematics and its Aplications by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/limits.