Analisis Hubungan Antara Financial Distress dan Keputusan Kebijakan Dividen Omisi Perusahaan Manufaktur

Dwi Putri Antika, Mohamat Fatekurohman, Dian Anggraeni

Abstract


Financial distress adalah kondisi dimana perusahaan mengalami kerugian atau kehilangan, namun belum sampai dikatakan bangkrut. Kondisi yang paling mudah dilihat dari perusahaan yang mengalami financial distress adalah dari keputusan dividen omisi perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari rasio keuangan seperti likuiditas, leverage, profitabilitas, free cash flow, dan size terhadap durasi waktu antara perusahaan mengalami financial distress dan kemunculan dividen omisi dengan model Cox extended yang diinteraksikan dengan fungsi waktu dan dungsi Heaviside dan untuk mengetahui keberlangsungan perusahaan untuk membagikan dividen. Pada penelitian ini data yang digunakan adalah data rasio keuangan perusahaan manufaktur periode 2016 yang terdaftar di BEI yang telah membagikan dividen selama minimal tiga tahun berturut-turut. Data yang diperoleh dianalisis dengan mendeskripsikan karakteristik setiap variabel, estimasi fungsi survival menggunakan plot Kaplan-Meier, uji perbedaan kurva survival dengan uji Log-Rank, pembentukan model Cox extended dengan fungsi waktu dan fungsi heaviside dan dipilih model terbaik dengan melihat nilai AIC. Hasil dari penelitian ini adalah diperoleh model terbaik Cox extended dengan fungsi heaviside. Variabel yang signifikan adalah profitabilitas (Return on Asset), dan perusahaan yang memiliki profitabilitas yang lebih besar dari 5,98% memiliki risiko mengalami omitted dividend 21% kali lebih kecil daripada perusahaan dengan profitabilitas rendah


Keywords


Cox Extended, Dividen Omisi; Financial Distress; Rasio Keuangan

Full Text:

PDF

References


Emrinaldi, "Analisis pengaruh praktek tata kelola perusahaan (corporate governance) terhadap kesulitan keuangan perusahaan (financial distress)," Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 9, 1, 2007.

Fathurrahman, M., "Pemilihan model regresi terbaik menggunakan metode akaike's information criterion dan schwart information criterion," Jurnal Informatika Mulawarman, 4, 3, 37-41, 2009.

Hanafi, L., M.P. Endah R., dan Puspita, G. M., "Penyelesaian numerik untuk menentukan nilai optimal pada american option dengan metode beda hingga fully implisit dan crank-nicolson", Limits, 7, 2, 1-12, 2010.

Kasmir, Analisis Laporan Keuangan, PT. Rajawali, Jakarta, 2014.

Kleinbaum, D.G dan Klein, M., Survival Analysis a Self-Learning Text, Third Edition, Springer, New York, 2011.

LeClere, M. J., "The occurance and timing of events : aplikasi analisis survival pada studi financial distress," Jurnal Akuntansi, 19, 89-158, 2000.

Murhadi, W.R., Analisis Laporan Keuangan Proyeksi dan Valuasi Saham, Salemba Empat, Jakarta, 2013.

Sielvia, A. Z., "Pengaruh dividen inisiasi dan dividen omisi terhadap return saham di Bursa Efek Indonesia, " Jurnal Siasat Bisnis, 13, 2, 113-128, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/limits.v15i1.3390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:

Creative Commons License
Limits: Journal Mathematics and its Aplications by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/limits.