Kontrol Optimum pada Model Prey-Predator dengan Pemanenan pada Ikan Prey dan Ikan Predator

Oryza Safitri, Mardlijah Mardlijah

Abstract


Model prey-predator didasari oleh hubungan interaksi predasi antara suatu organisme yang memakan suatu organisme lainnya, dalam kasus ini yaitu ikan prey dan ikan predator. Selanjutnya diberi perlakuan pemanenan pada ikan prey dan ikan predator. Untuk menjaga agar tindakan pemanenan tidak mengakibatkan kelangkaan suatu jenis ikan, dilakukan kontrol optimum berupa penambahan makanan lain pada ikan predator. Kontrol optimum ini dimaksudkan agar hasil pemanenan yang didapatkan maksimal sekaligus menjaga keberlangsungan ekosistem pada ikan prey dan ikan predator. Kemudian didapatkan titik-titik ekuilibrium dengan satu titik ekuilibrium yang stabil yaitu di titik (75.39 , 4.20). Selanjutnya hasil kontrol optimal, populasi ikan prey dan ikan predator lebih banyak, dibandingkan populasi ikan prey dan ikan predator sebelum dikontrol.

Keywords


Model Prey-Predator; Kontrol Optimum; Makanan tambahan

Full Text:

PDF

References


Indriyanto. 2012. Ekologi Hutan: Cetakan ke-4. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dwaradi, H. 2011. Analisis Model Mangsa-pemangsa Michaelis-Menten dengan Pemanenan pada populasi Mangsa. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Kar dan Chakraborty. 2010. Effort Dynamics in a Prey-Predator Model with Hervesting. International Journal of Information and Systems Sciences. Vol. 6 No. 3 pp. 318-332.

Afifah, Luluk Ianatul. 2015. Analisis Kestabilan Predator-Prey dan Model Pemanenan pada Ikan Prey. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Rifa’i dan Subchan. 2015. Analisa Kestabilan dan Kendali Optimal pada Model Pemanenan Prey Predator dengan Fungsi Respon Tipe III. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika UMS 2015.

F. Resmi dan Subchan. 2014. Kendali Optimal pada Sistem Prey Predator dengan Pemberian Makanan Alternatif pada Predator, http://digilib.its.ac.id/public/ITS-paper-33870-1210100069-paper.pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/limits.v16i1.4607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:

Creative Commons License
Limits: Journal Mathematics and its Aplications by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/limits.