Kakas Bantu Sistem Rekomendasi Kebutuhan Perangkat Lunak

Hendy Harfianto

Abstract


Rekayasa kebutuhan merupakan tahap awal sebelum suatu perangkat lunak dibangun yang terbagi menjadi lima tahap penting, yaitu elisitasi kebutuhan, analisis kebutuhan, spesifikasi kebutuhan, verifikasi kebutuhan, dan manajemen kebutuhan. Pada tahap elisitasi kebutuhan, berbagai kebutuhan dari para pemangku kepentingan dikumpulkan untuk ditangani menggunakan solusi berbasis komputer. Tahap elisitasi termasuk tahap yang sulit dalam rekayasa kebutuhan perangkat lunak yang disebabkan oleh tiga masalah, yaitu masalah cakupan, masalah pemahaman, dan masalah perubahan. Untuk memudahkan perekayasa kebutuhan dalam mengelisitasi kebutuhan suatu perangkat lunak, sebuah sistem rekomendasi kebutuhan perangkat lunak mampu memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan tersebut. Sistem rekomendasi diharuskan untuk bisa merekomendasikan kebutuhan-kebutuhan perangkat lunak yang sesuai dengan ruang lingkup perangkat lunak yang akan dibangun. Algoritma FP-Growth dapat digunakan sebagai metode dalam proses perekomendasian dengan mengidentifikasi asosiasi antar kebutuhan perangkat lunak. Penemuan asosiasi antar kebutuhan ini dapat membantu perekayasa kebutuhan dalam mempertimbangkan kebutuhan lain yang diinginkan. Untuk mendukung bekerjanya algoritma FP-Growth, diperlukan dataset untuk membentuk kemungkinan kandidat kombinasi antar kebutuhan perangkat lunak yang akan diproses dengan beberapa pustaka pemrosesan teks secara semantik.

Keywords


Elisitasi Kebutuhan Perangkat Lunak; Sistem Rekomendasi; Association Rule Mining dengan Algoritma FP-Growth; Stanford CoreNLP; WordNet

Full Text:

PDF

References


D. Siahaan, "Analisa Kebutuhan dalam Rekayasa Perangkat Lunak," Surabaya, Penerbit ANDI, 2012.

J. Han and M. Kamber, Data Mining: Concepts and Techniques, 2nd Edition, The United States of America: Elsevier, 2006.

R. Tsalaatsa, E. Santoso and D. E. Ratnawati, "Sistem Rekomendasi Menggunakan Item-Based Clustering Hybrid Method," 2013.

R. Burke, "Hybrid Recommender System.," In Proceedings of The Adaptive Web, 2007.

The Stanford Natural Language Processing Group, "Natural Language Processing," Stanford University, [Online]. Available: http://nlp.stanford.edu/. [Accessed 10 Desember 2015].

WordNet, "WordNet," Princeton University, [Online]. Available: wordnet.princeton.edu.

T. Simpson and T. Dao, "WordNet based semantic similarity measurement," 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12342343.v1i1.3066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Engineering Software Requirements by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://iptek.its.ac.id/index.php/re/. View Visitors