IMPLEMENTASI SISTEM PEMBANGKIT LISTRIK DARI LIMBAH CAIR MESIN CUCI UNTUK MEREDUKSI PENCEMARAN LINGKUNGAN DAN MENINGKATKAN EFISISENSI DI UMKM GD LAUNDRY KEPUTIH SURABAYA

Purwadi Agus Darwito

Abstract


Banyaknya limbah usaha laundry yang tidak dikelola dengan baik dapat mencenari lingkungan. Salah satu usaha laundry di Surabaya yang juga menjadi mitra dalam Program ini adalah UMKM GC Laundry. UMKM ini berlokasi di Keputih Surabaya. Tiap harinya laundry ini melakukan pencucian pakaian sekitar 25 kg dengan 2 mesin cuci. Berdasarkan observasi, limbah cair yang dikeluarkan sekitar 15 liter/ hari. Hal ini dapat merusak ekosistem di sekitar laundry. Pada sisi yang lain mitra juga masih belum efisien dalam penggunaan listrik yang selama ini dapat menurunkan pendapatan per bulan. Oleh sebab itu dirancang suatu sistem pembangkit listrik dengan prinsip elektrokimia dengan larutan elektrolit dari limbah cair mesin cuci. Proses perancangan dari pembangkit listrik ini sebagian sudah terselesaikan. Proses pemilihan bahan untuk proses elektrokimia adalah menggunakan tembaga dan kawat penghantar untuk menunjukkan besarnya beda potensial. Proses assembly dilakukan pada dua wadah yang berisi dua larutan limbah laundry, setelah itu dilakukan pengukuran dengan menggunakan multimeter dan diperoleh besarnya energy listrik yang dihasilkan sebesar 0,549 V. Nilai ini masih terlalu kecil. Untuk itu perlu dilakukan susunan seri dengan wadah yang lebih banyak lagi untuk menghasilkan energi listrik yang lebih besar. Pada pengujian yang telah dilakukan, dihasilkan nilai secara berurutan adalah nilai tegangan listrik yang merupakan output dari sistem ini adalah 0,3 volt pada volume 200 ml; 0,5 volt pada volume 400 ml; 0,6 volt pada volume 600 ml, dan 0,7 volt pada volume 800 ml. Publikasi dilakukan Seminar Material, Instrumentasi, Pembelajaran, Dan Aplikasinya (Semipa 2016) yang diadakan oleh Fisika FMIPA ITB, dengan judul “Studi Eksperimental Pengaruh Volume Air Limbah Laundry terhadap Sistem Penghasil Tegangan Listrik Menggunakan Metode Elektrokimia”

Full Text:

Untitled

References


Ahmad J., dan El-Dessouky H. 2008. Design of a Modified Low Cost Treatment System for The Recycling and Reuse of Laundry Waste Water. Resource, Conservation and Recycling 52, 973-978.

Azamia, M., Pengolahan Limbah Cair Laboratorium Kimia dalam Penurunan Kadar Organk serta Logam Berat Fe, Mn, Cr dengan Metode Koagulasi dan Adsorpsi. Skripsi Program Studi Kimia FMIPA Universitas Indonesia. Jakarta, 2012

Badan Lingkungan Hidup (BLH), 2016, Kesehatan Pengelolaan Lingkungan Hidup Kota Surabaya. Seminar Lingkungan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.

Effendi, H. 2003. Telaah Kualitas Air : Bagi Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan Perairan. Yogyakarta : Kanisius

Malone, Leo J, 1994, Basic Concepts of Chemistry, 4th Edition, New York : John Wiley & Son.

Nurajijah, L., Harjunowibowo, D., Radiyono, Y., Pengaruh Variasi Tegangan pada Pengolahan Limbah Cair Laundry Menggunakan Proses Elektrolisis, Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika Volume 4 No. 1. Surakarta, 2014.

Rosariawari, F. 2010. Efektifitas Multivalen Ions dalam Penurunan Kadar Fosfat Sebagai Bahan Pembentuk Deterjen. Surabaya : Jurusan Teknik Lingkungan FTSP UPN.

Veiny, A. N., Damayanti, A., Potensi Pemanfaatan Limbah Laundry Rumah Tangga dalam Memproduksi Gas Hidrogen Oksigen (HHO) sebagai Bahan Bakar Alternatif, Scientific Conference of Enviromental Technology IX. Surabaya, 2012


Refbacks

  • There are currently no refbacks.